Minggu, 12 Mei 2013

Aplikasi Wawancara dalam Bidang Pendidikan serta Industri dan Organisasi (Syifa Melinda)


     Pada pertemuan kelas Teknik Wawancara, membahas mengenai aplikasi wawancara di bidang pendidikan serta di bidang industry dan organisasi. Dalam bidang pendidikan, wawancara seringkali digunakan oleh guru BK pada proses konseling. Proses konseling ini digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi siswa. Selain itu, wawancara juga digunakan untuk proses seleksi penerimaan siswa baru. Wawancara dalam hal ini berguna untuk mengetahui apakah si siswa yang diwawancarai, memiliki kriteria yang diinginkan oleh pihak sekolah.

     Dalam bidang industri dan organisasi, wawancara seringkali digunakan oleh HRD pada seleksi dan penempatan karyawan. Hal ini dilakukan agar penempatan para karyawan baru tersebut di posisi yang tepat sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Dengan menjalankan fungsinya dengan baik (menempatkan karyawan di posisi yang tepat), maka biasanya fungsi ini sudah memiliki success profile sebagai acuan yang membantu menyeleksi karyawan yang sesuai.

     Di minggu berikutnya, dosen saya mengundang seorang manager HRD di bidang food and baverage. Hal ini menarik perhatian saya. Beliau menjelaskan bagaimana perusahaan tersebut merekrut karyawan untuk bidang tertentu. Misalnya, untuk bagian kasir. Criteria yang di butuhkan adalah tidak berjerawat,tidak berkacamata, karena akan merepotkan bagi seorang kasir apabila harus terus menerus membetulkan letak kacamatanya.

     Beliau juga menjelaskan bahwa untuk mencapai posisi jabatan yang tinggi tidak harus S2. Hal ini sudah beliau buktikan, karena beliau adalah lulusan S1. Menurut beliau, setiap posisi dalam perusahaan itu penting. Bila dalam setiap posisi dipegang oleh ahlinya maka performance kerjanya dapat maksimal.

12 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar