Minggu, 26 Mei 2013

Refleksi (Susanti Amelia)

     Senin, 20 mei 2013 adalah hari terakhir dari kelas teknik wawancara, selama 3 mnggu terakhir saya dan teman-teman melakukan praktek bagaimana cara menjadi pewawancara yang baik, observasi, dan klien saat ditempatkan disituasi yang disetting sedemikian rupa. Topik yang saya harus lakoni adalah pertama tentang PIO, lalu pendidikan, dan terakhir klinis. Awalnya saya takut, gugup karena harus setiap minggu harus menguasai 1 dari topik tersebut secara bergantian. Semua yang mengikuti mata kuliah ini harus memakai pakaian formal, dan membawa alat rekaman masing-masing.
     Menurut saya yang paling menakutkan dan tegang adalah saat menjadi pewawancara, karena harus menghafal pertanyaan diluar kepala dan improve dari jawaban klien, sedangkan menjadi observer dan klien adalah hal yang menyenangkan karena menjadi klien kita ditantang untuk mengimprove apapun jawaban kita, apalagi dengan topik yg unik dan lucu. Saya dan teman yang lainnya juga disuruh untuk ke panti mewawancarai subyek selama 30 menit dan untungnya saya mendapatkan subyek yang enak diajak berbicara dan terbuka sehingga saya tidak terlalu susah untuk membina rapport.
     Saya merasa senang adanya mata kuliah ini karena saya menjadi tahu bagaimana caranya wawancara dengan baik untuk bekal nantinya berhadapan di dunia luar dengan orang-orang yang tingkah laku yang berbeda-beda.
 
23 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar