Jumat, 01 Maret 2013

Stay Loyal and Trustworthy (Levina Sutiono)


Kelas Perilaku Seksual hari kamis kemarin membahas satu materi yaang berjuduul "Sexual Orientation & Sexual Anatomy" hmm, dari judulnya saja sudah membuaaat para mahasiswa/i di kelas saat itu tersenyum-senyum penuh artii ;;) saya pribadi sedikit penasaran pembahasan apa yang akan diberikan oleh bu Henny di kelas saat itu..

Rasa penasaran saya pun terjawab melalui penjelasan bu Henny dalam kelas tersebut yang dimulai dari membahas seputar orientasi seksual manusia..Manusia memiliki tiga orientasi seksual yaitu ke sesama jenis, ke lawan jenis, ataupun keduanyaa..mau sesama jeniis hayuuk, mau ke lawan jeniis..boleh jugaa..hehehe :p

Selain ituu, bu Henny juga mulai menjelaskan bagian berikutnya, yaitu anatomi seksual manusia, organ-organ seksual baik pria maupun wanita..salah satu topik yang juga dibahas saat itu adalah mengenai payudara..payudara bagi dewasa muda memiliki 3 fungsi, yaituu untuk menyusui, sekualitas dan untuk penampilan.  bagi dewasa muda, payudara memiliki ketiga fungsi tersebut.. bahkan, saat ini kita tahu bahwa ada cukup banyak wanita yang melakukan upaya pembesaran payudara untuk menunjang penampilan mereka..

Namun... bagi dewasa madya, fungsi payudara untuk menunjang penampilan mungkin tidak begitu berarti lagi..payudara untuk menunjang penampilan mungkin bukan lagi fokus utama bagi dewasa madya..saat itu, bu Henny mengumpamakan seorang wanita yang sudah tidak muda lagi, apabila ia memiliki kanker pada payudaranya dan mengharuskannya untuk mengangkat habis payudaranya. mungkin keputusan untuk mengangat payudara tersebut tidak begitu berat baginya.. dibandingkan dengan kasus yang serupa terjadi pada wanita muda, terutama yang belum menikah.. apabila seorang wanita muda dihadapkan pada situasi serupa, kemungkinan wanita muda untuk mengalami tekanan dan depresi lebih kuat dibandingkan dengan wanita yang telah memasuki usia dewasa madya..

Saat itu diceritakan juga kisah seorang wanita muda yang telah menjalani hubungan dengan seorang pria. namun, ternyata wanita muda tersebut memiliki kanker pada payudaranya..kemudian, diceritakan bahwa pasangannya tersebut memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka karena alasan tidak cocok. apakah benar karena tidak cocok?ataukah karena penampilan wanita tersebut yang mungkin akan berbeda apabila ia mengangkat payudaranya? ketika bu Henny bertanya kepada mahasiswi, apa yang akan kami lakukan apabila hal tersebut terjadi pada kami? saat ituu, saya pribadi berpikir bahwa saya tidak akan siap apabila saya harus mengalami situasi seperti ituu..saya tidak yakin bahwa saya dapat tetap hidup tegar dan kuat..

Pertanyaan yang sama juga ditujukan kepada mahasiswa di kelas tersebut.. apakah mereka akan meninggalkan pasangan mereka apabila mereka tahu bahwa pasangan mereka memiliki kanker payudara?apakah mereka akan tetap menikah dengan wanita tersebut?
ketika saya mendengar pertanyaan tersebut, dalam hati saya berpikir romantis sekali apabila ada pria yang tidak meninggalkan pasangannya apabila pasangannya harus mengangkat payudaranya..
bu Henny juga mengatakan bahwa apabila memang ada, berbangga hatilah kaliaan yang memiliki pasangan seperti ituu, yang tidak meninggalkan wanitanya walaupun mungkin secara fisik wanita yang akan dinikahinya sudah tidak utuh lagi :)

22 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar