Tujuan wawancara dari bidang PIO adalah untuk megetahui kompetensi dari calon karyawan apakah kriteria calon karyawan sesuai dengan yang diperlukan oleh perusahaan. Dalam proses seleksi calon karyawan tidak selalu menggunakan teknik wawancara, dapat juga menggunakan teknik lain seperti tes dan observasi. Jika perusahaan tersebut budgetnya rendah proses seleksi karyawan yang digunakan hanya wawancara. Hanya menggunakan teknik wawancara dalam seleksi calon karyawan sebenarnya cukup tergantung dari bagaimana cara menggali informasi pada melakukan wawacara. Pada bidang Pendidikan tujuan dari wawancara adalah ingin tahu siswanya seperti apa ketika melakukan treatment sebelum melakukan konseling harus tahu siswa itu dulu sehingga apa yang diinginkan dari wawancara dapat tercapai. Dalam menggunakan teknik wawancara dalam bidang Pendidikan menghindari kesan polisi atau mengintograsi siswa, sehingga siswa tidak merasa dihakimi.
Kelebihan teknik wawancara dalam bidang PIO adalah dapat mengobservasi calon karyawan tersebut secara langsung, bagaimana attitude orang tersebut dan faktor lainnya. Kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang lama dan jika dilakukan secara sekilas saja akan subjektif dalam penilaiannya. Kelebihan teknik wawancara dalam bidang Pendidikan sendiri adalah dapat mengetahui berbagai hal mengenai siswa seperti hobinya dan lain-lain yang di masukkan dalam anecdotal record. Kekurangannya sendiri dapat memiliki kesan menginterogasi terutama jika siswa tidak akrab dengan guru BK.
Kendala yang dihadapi dalam proses wawancara dalam bidang PIO yaitu hallo effect. Halo effect sendiri merupakan salah penilaian atas kemampuan subjek yang sebenarnya, karena melihat bagaimana subyek berpenampilan ketika proses wawancara berlangsung. Cara mengatasi kendala tersebut dapat dilakukan crosscheck, yaitu melihat kemampuan calon karyawan tidak hanya dengan proses wawancara saja, tetapi juga melihat bagaimana hasil tes psikologinya, dan observasi bagaimana perilaku calon karyawan tersebut saat proses wawancara berlangsung. Sedangkan kendala yang dihadapi saat melakukan wawancara dalam bidang Pendidikan yaitu siswa merasa akan di interogasi olehnya sehingga siswa jadi berpikir macam-macam. Cara mengatasi kendala tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pendekatan selayaknya teman akrab diluar jam mengajar, namun tetap menjaga wibawa sehingga siswa tidak bersikap kurang ajar.
13 Maret 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar