Minggu, 17 Maret 2013

Pengertian Psikologi Pendidikan dan Psikologi Industri Organisasi serta Aplikasi Teknik Wawancara (Hendar Hernawan)

  •  Psikologi dalam bidang Pendidikan
     Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan, efektivitas, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial dari sekolah sebagai bentuk suatu organisasi. Umumnya yang berperan didalam sekolah adalah guru BK (Bimbingan Konseling) dengan menggunakan wawancara sebagai teknik untuk mengumpulkan data siswa. Teknik wawancara dilakukan dengan melakukan tanya jawab terhadap seorang siswa dan guru BK secara berhadapan langsung (face-to-face).
     Pada umumnya, teknik wawancara yang digunakan oleh guru BK memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari teknik wawancara adalah dapat mengetahui berbagai macam hal tentang siswa seperti halnya hobi dan kemudian dimasukkan kedalam anecdotal record. sementara kelemahan dalam menggunakan teknik wawancara tersebut yaitu memiliki kesan seperti menginterogasi terutama jika siswa tidak akrab dengan guru BK.
     Tidak hanya kekurangan dan kelebihan, teknik wawancara tersebut juga memiliki kendala dan penanganan yang biasa dialami oleh guru BK. Kendala tersebut adalah adanya rasa takut pada diri siswa ketika guru BK mengajak siswa bercerita. Rasa takut tersebut merupakan hambatan guru BK untuk mengumpulkan informasi tentang siswa tersebut secara akurat. Penanganan yang yang dilakukan guru BK agar dapat melakukan teknik wawancara yaitu: melakukan pendekatan dengan siswa (pada umumnya diluar jam mengajar dan menjalin hubungan seperti teman biasa yang akrab namun tetap menjaga wibawa sebagai seorang guru), tidak menghakimi dan mencoba mencari tahu permasalahan yang dialami oleh siswanya, tidak menggunakan kata "katanya" pada saat bertanya kepada siswa (seolah guru BK sedang membicarakan siswa tersebut), dan membuat siswa merasa nyaman dalam bercerita (agar siswa dapat bercerita secara "terbuka" atau blak-blakan terhadap guru BK tersebut.
 
13 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar