Minggu, 17 Maret 2013

PENGERTIAN DAN PENGGUNAAN ANTARA TEKNIK WAWANCARA DUNIA PENDIDIKAN DAN TEKNIK WAWANCARA PIO (Muvid Ardian)

    
     Masih berhubungan dengan topik yang minggu lalu saya buat di blog yang berjudul “WAWANCARA” saya akan melanjutkan pembahasan tentang pengertian teknik wawancara dan bagaimana penggunaan teknik wawancara di dalam Psikologi Pendidikan dan penggunaan teknik wawancara di dalam Psikologi Industri dan Organisasi (PIO).
A. Pengertian Teknik Wawancara
    Di dalam dunia Pendidikan Pengertian wawancara adalah suatu teknik yang di gunakan untuk pengumpulan data terhadap siswa-siswa di sekolah, biasanya di lakukan oleh guru BK (Bimbingan Konseling) dan di sebut sebagai data klien dengan cara melakukan tanya jawab kepada siswa secara khusus atau pribadi.
    Sedangkan di dunia Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) wawancara merupakan suatu kegiatan tanya jawab yang bertujuan untuk memperoleh suatu informasi yang di peroleh dari calon karyawan baru yang ingin masuk kedalam suatu perusahaan (Penerimaan Karyawan baru), atau juga bisa di gunakan untuk Karyawan yang ingin di promosikan, di rotasi ataupun di mutasi oleh suatu perusahaan tempat karyawan bekerja.
     Dari kedua pengertian di atas saja sudah sangat berbeda, pengertian teknik wawancara di dunia pendidikan dan di dalam dunia industry dan organisasi. Karena itulah teknik wawancara merupakan pedoman utama untuk mengukur seberapa dalamkah informasi yang di dapat oleh psikolog pada suatu subjek.
B. Penggunaan Teknik Wawancara
     Penggunaan teknik wawancara di dalam dunia pendidikan biasanya di lakukan oleh guru BK terhadap siswa-siswa yang bermasalah di dalam lingkungan sekolah. Dan teknik wawancara tersebut tidak hanya di lakukan terhadap siswanya saja akan tetapi biasanya  orang-orang yang kenal dengan subjek ikut terlibat seperti: orang tua, wali murid dan walikelas. Karena dengan terlibatnya orang-orang yang dekat atau kenal dengan subjek bisa lebih menjelaskan bagaimana tingkah laku subjek atau bagaimana gaya hidup subjek di luar lingkungan sekolah.
     Kemudian dicocokkan dengan pernyataan informasi yang di ungkapkan oleh subjek sebelumnya, setelah di rasa cukup mendapatkan informasinya kemudian guru BK tersebut biasanya memanggil kedua orangtuanya kembali dan bekerja sama dengan orang tua siswa tersebut untuk memantau tingkah laku siswa tersebut selama di sekolah ataupun di rumah. Dan biasanya guru BK tersebut di lengkapi dengan teknik yang lain yaitu Teknik Observasi untuk melengkapi pengambilan datanya
     Sedangkan di dalam dunia PIO di sebut interview, di lakukan oleh yang namanya HRD. Ketika sedang menginterview karyawan baru tersebut biasanya informasi banyak di dapat oleh HRD untuk perusahaan, datanya berupa seberpa besar potensial orang itu akan berkembang dan apakah orang tersebuttepat untuk mengisi posisi yang sedang di butuhkan atau tidak serta tjuan lainnya adalah bisa mengetahui seberapa besar minat subjek tersebut bekerja di perusahaan tersebut.
     Selain untuk merekruitmen karyawan baru, interview juga di lakukan untuk mengetahui seberapa besar masalah yang di hadapi oleh karyawan yang sedang bekerja di dalam suatu perusahaan, sehingga mempengaruhi kinerja yang biasanya di lakukan secara maksimal malah di lakukan tidak maksimal itu dapat terlihat dengan cara melakukan interview. Setelah di dapat semua informasi dan datanya dari situ bisa diberikan solusinya bagaimana cara untuk menambah atau memaksimalkan kinerja subjek atau karyawannya kembali.
 
13 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar