Jumat, 22 Maret 2013

Kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga (Yessica Felicia Sutiono)


        Kebahagian dalam perkawinan adalah hal yang diharapkan oleh setiap orang yang akan dan atau telah melangsungkan pernikahan. Tetapi kebahagiaan itu tidak selalu hadir pada setiap orang yang menjalankan kehidupan berumah tangga. Mungkin kebahagiaan dapat dirasakan hanya pada awal-awal masa pernikahan saja, tetapi banyak orang yang tidak dapat merasakan kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga yang mereka jalani. Tak jarang banyak masalah muncul setelah pernikahan berlangsung 1 atau 2 tahun, masalah-masalah yang muncul dalam hubungan perkawinan terkadang hanya sebabkan oleh hal-hal yang mungkin kelihatannya sepele, misalnya saja seperti karena uang, kecemburuan, atau muncul karena perbedaan pendapat dan lain sebagainya, masalah-masalah yang muncul pun bervariasi pada setiap orangnya, dari masalah-masalah yang terjadi mungkin dapat mengakibatkan kekerasan melalui fisik ataupun masalah tekanan batin dan lain sebagainya. Dalam banyak kasus tindakan kekerasan dalam rumah tangga, laki-laki seringkali melakukan penyiksaan terhadap istrinya, misalnya seperti melakukan pemukulan dan tak jarang juga dari tindakan tersebut banyak korban yang sampai harus kehilangan nyawanya.
        Dalam munculnya masalah pada kehidupan berumah tangga banyak hal yang menjadi faktor pendukung, segala sesuatunya kembali lagi kepada setiap individu itu masing-masing. Terkadang banyak masalah yang muncul dalam kehidupan ini semata-mata hanya dibuat oleh individu itu sendiri melalui pikirannya, melalui tindakannya. Sebenarnya masalah itu mungkin tidak seharusnya ada tetapi karena pikiran-pikirannya yang negatif sehingga menciptakan sesuatu itu menjadi bermasalah dan dipermasalahkan, sebagai contoh misalnya munculnya pikiran cemburu terhadap suami/istri, sikap tidak mampu memafkan, sikap yang tidak ingin mengalah dan selalu menganggap diri sendiri yang paling benar, ataupun sikap selalu ingin menguasai dan mengatur segala hal, sikap tidak mempercayai apa yang dilakukan oleh pasangan dan mungkin lain sebagainya. Dari sikap-sikap dan pemikiran tersebutlah masalah-masalah dalam kehidupan khususnya dalam berumah tangga dapat muncul. Terkadang banyak orang tidak memahami akan hal tersebut, mereka menganggap apa yang telah mereka lakukan adalah sesuatu hal yang benar dan tepat harus dilakukan. Dengan adanya sikap-sikap dan pemikiran seperti itu dengan otomatis kebahagiaan tidak akan pernah dapat dirasakan dan yang akan dirasakan hanyalah ketidakpuasan dan penderitaan semata.
         Sebenarnya untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup khususnya dalam kehidupan berumah tangga, ada hal yang harus dipahami terlebih dahulu, yaitu bahwa kebahagiaan itu adalah suatu pilihan dalam hidup dan diri kita sendirilah yang menentukan kebahagiaan didalam kehidupan kita. Oleh karena itu hendaknya kita harus selalu memiliki pikiran yang positif terhadap pasangan hidup kita, di sini kepercayaan sangatlah memiliki peranan yang penting dan harus dimiliki oleh kedua pasangan. Dengan adanya sikap saling percaya maka tidak akan muncul perasaan khawatir dan takut serta perasaan cemburu tidak akan muncul. Selain itu memiliki sikap dan perilaku yang pantas untuk dipercayai itu juga sangat penting sekali. Jangan hanya mempercayai tetapi tidak mampu memiliki sikap untuk dipercaya. Dalam menciptakan kebahagiaan, sikap saling menghargai terhadap pasangan pun memiliki peran yang sangat penting, dengan adanya sikap menghargai maka kita akan memiliki sikap menghormati. Selain itu kita pun harus memiliki sikap tulus untuk merawat dan menyayangi dan mencintai pasangan kita dengan sepenuh hati.
        Menciptakan kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga adalah penting untuk kita dapat mengendalikan emosi kita, saat masalah diluar kendali kita mungkin muncul kita harus mampu untuk mengontrol emosi kita. Control your “ANGER”, because it’s just one later away from “D”ANGER”, kalimat ini terlihat cocok untuk dapat mengingatkan kita agar kita mampu mengontol emosi kita. Karena melalui emosi akan banyak masalah lain yang akan tercipta. Selain itu sikap jujur dan saling mengerti juga menjadi hal penting dalam menciptakan kebahagiaan dalam kehidupan berumah tangga. Jika kedua pasangan memiliki pemikiran dan sikap-sikap tersebut maka kebahagiaan pun dapat dirasakan dari awal masa pernikahan hingga mungkin maut memisahkan mereka.

21 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar