Minggu, 24 Maret 2013

Teknik Wawancara pada PIO dan Pendidikan (Imam Wahyudi)


Pada minggu lalu dalam mata kuliah teknik wawancara, membahas tentang kegunaan dari teknik wawancara pada bidang industri dan organisasi (PIO) dan pendidikan.

Psikologi industri dan organisasi
Pada psikologi industri dan organisasi (PIO) teknik wawancara adalah suatu metode yang digunakan untuk mencari tenaga kerja yang diperlukan oleh perusahaan. Biasanya teknik ini digunakan oleh HRD dari perusahaan tersebut untuk menyeleksi karyawan yang telah mendaftar ke perusahaan tersebut. Para HRD tersebut berpendapat bahwa teknik wawancara adalah suatu metode untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan dari calon karyawan yang sedang di seleksinya. Kelebihan dari teknik ini menurut psikolog yang bekerja di bidang HRD adalah dapat mengetahui kebohongan dari pelamar tersebut. Selain itu juga teknik wawancara ini dapat dilakukan oleh siapa saja karena dari hasil pengalamn dan belajar secara otodidak.

Psikolog Pendidikan
Menurut psikolog pendidikan teknik wawancara adalah suatu teknik untuk mengumpulkan data dengan cara tanya jawab. Ada juga yang berpendapat teknik untuk menggali informasi, wawancara juga memiliki tujuan lain yaitu untuk investigasi. Kekurangan teknik ini yaitu bagi siswa terasa seperti sedang diintrogasi, harus memiliki jam terbang yang tinggi, membutuhkan keahlian khusus. kelebihan dari wawancara adalah dapat mengetahui informasi data, dapat mengenali klien, membangun raport, dan menggali data atau informasi lebih dalam.

13 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar