Sabtu, 02 Maret 2013

Sexual Orientation and Sexual Anatomy (Calvina Veronica)


Waktu dipertemuan kedua kali ini, ibu Henny ngebahas sexual orientation dan sexual anatomy..sebelumnya kita harus tau dulu nih, yang bakal dishare disini bukan hal2 porno loh yaa, tapi seksual yang dipandang dan dipelajari sebagai ilmu..
anyway mau tau alasan kenapa gw ambil mata kuliah ini?? Salah satu alasannya adalah karena kebanyakan masyarakat indonesia itu masih merasa tabu untuk membicarakan masalah seks didepan umum..padahal menurut gw pribadi, seks itu perlu untuk diketahui sejak dini bahkan untuk anak-anak sekalipun loh, cuma edukasi yang kita kasih harus punya batasan sesuai usianya masing2 yaa hehehe
Pertama kita bahas tentang sexual orientation, apa sih orientasi seksual itu?? Orientasi seksual itu merupakan kesukaan atau minat kita terhadap orang lain baik secara emosional, fisik, seksual dan dengan cara yang romantis..Orientasi seksual yang umum kita tau biasanya heteroseksual atau tertarik dengan lawan jenis..namun ternyata disamping itu ada juga individu yang menyukai sesama jenis, misalnya lelaki tertarik dan sukanya sama laki2 juga alias dinamakan homoseksual..Tapi disamping itu ada juga nih yang double combo alias suka dua2nya, sama cewe oke tapi sama cowo juga oke, nahloh??! yang disebut sebagai biseksual hehehe
Setelah kita tahu orientasi seksual secara umum, kita semua perlu tahu juga bagian2 tubuh kita..Organ2 ditubuh kita punya fungsinya masing2 loh termasuk organ seksual atau organ reproduksi..
Pertama2 kita ngebahas organ seksual perempuan dulu yaa
Kalian pasti pernah denger orang2 banyak yang menyebut darah yang dikeluarkan saat menstruasi sebagai darah kotor kan?? Kalau iyaaa, kalian harus tau fakta ilmiahnya bahwa...
Perempuan memiliki bagian yang namanya endometrium, disinilah tempat pembuahan terjadi  saat adanya sperma yang cocok.. Tapi pada saat perempuan tidak mengalami pembuahan, maka akan terjadi peluruhan berupa darah menstruasi yang dikeluarkan..Kebayang ga kalau perempuan ga mens, bakal jadi sekotor apa endometrium dan organ2 dalam lainnya ya??hehe Jadi dengan kata lain, saat mens itu merupakan proses bersih2 rahim dimana terjadi peluruhan berupa darah menstruasi yang dikeluarkan melalui vagina..
Kita semua tau kalau perempuan itu punya yang namanya payudara, sebenarnya lelaki juga punya, hanya saja pada lelaki payudaranya tidak berkembang karena tidak adanya hormon tertentu seperti esterogen yang dimiliki perempuan..Nah, fungsi payudara pada perempuan itu sendiri adalah sebagai organ reproduksi, seksualitas, keindahan penampilan dan untuk menyusui pastinya!
Selain payudara, perempuan juga punya organ reproduksi yang disebut vagina..Nah, fungsi vagina itu sendiri adalah sebagai jalur keluarnya darah menstruasi, sexual penetration dan jalur kelahiran..Didalam vagina terdapat beberapa bagian yaitu ada bagian internal dan bagian eksternal dari vagina itu sendiri..
Bagian eksternal dari vagina ada terdapat yang namanya klitoris, labia mayora dan labia minora..Sedangkan bagian internalnya terdapat serviks, uterus, tuba fallopi, ovari dan kelenjar bartolin, fimbrae, himen, dll..
Pelajaran yang harus kita tahu sebagai perempuan adalah pada saat kita semakin menua nanti, kita para cewe pasti akan mengalami yang namanya menopouse..pada saat ini hormon2 dalam tubuh kita akan menurun kerjanya, misalnya aja hormon esterogen yang menurun bisa saja menyebabkan osteoporosis..

Sekarang kita juga bahas organ seksualnya laki2..
Organ seksual laki2 itu berupa penis, testis, foreskin (yang dipotong saat disunat) dan skrotum yang berfungsi sebagai penghasil testosteron..Secara umum sih beberapa hal itu aja yang kita tau sebagai organ reproduksi perempuan dan laki2

Intinya, saat membicarakan soal seksual, yang paling berperan adalah otak dan indra peraba atau kulit kita..
Kenapa otak?? karena  otak kita juga berperan dalam pelepasan hormon, pusat fantasi termasuk fantasi seksual pastinyaa dan juga sebagai identitas seksual..Selain itu ada indra peraba atau kulit kita, kulit kita sensitif karena terdapat banyak sekali saraf2 yang sensitif, sehingga pada saat kita menerima sentuhan kita bisa merasakan sensasi tertentu..Salah satu tokoh yang namanya Grafenberg bilang, kalau setiap individu itu punya G-Spot atau titik sensitif tertentu dibagian tubuhnya dan saat bagian tersebut dirangsang maka akan menimbulkan rangsangan seksual yang sangat besar atau yang secara umum kita tahu sebagai erogenous zone (daerah erotis tertentu yang dapat meningkatkan gairah seksual yang berbeda antar satu individu dengan individu lainnya)


26 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar