Rabu, 06 Maret 2013

Review Tugas Teknik Wawancara Psikolog Klinis (Karunia Putri)

Pada 28 Februari 2013, hari kamis lalu, di kelas teknik wawancara sedang membahas mengenai teknik wawancara yang biasa digunakan oleh psikolog klinis dewasa dan anak. Dari hasil wawancara terhadap beberapa psikolog tersebut diperoleh pengertian mengenai wawancara yaitu teknik mendapatkan informasi dan merupakan modal utama sebagai psikolog selain observasi.
Pengaplikasian teknik wawancara tersebut bervariasi, masing-masing psikolog memiliki gaya pengaplikasiannya. Jika pada psikolog anak biasanya untuk memudahkan dalam pengambilan data/proses wawancara anak diberikan mainan agar lebih kooperatif, sedangkan pada psikolog dewasa biasanya digunakan alat perekam/catatan kecil untuk membantu menyimpan kata kunci permasalahan.
Hambatan dan penanganan dalam proses wawancara pada masing-masing psikolog pun juga beragam. Pada psikolog klinis dewasa permasalahan yang dialami kesulitan dalam mengingat pertanyaan selanjutnya yang akan diajukan pada klien, cara penanganan terhadap hambatan tersebut dengan perbanyak melatih teknik wawancara dan mempertajam kepekaan. Pada psikolog klinis anak hambatan yang sering ditemukan jika anak tidak kooperatif, pemalu (sulit untuk bicara), asik sendiri, penanganannya pertama-tama dengan mengikutsertakan orang tua atau walinya dalam wawancara, lalu perlahan-lahan orang tua/wali anak tersebut dimohon untuk meninggalkan ruang wawancara/terapi atau dengan memberikan mainan agar anak tersebut memiliki mood positive dan lebih mudah untuk diwawancara.

3 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar