Rabu, 06 Maret 2013

Psikologi Klinis Anak dan Dewasa: Bisa karena Biasa (Elisa CJ)

Psikologi Klinis Anak dan Dewasa: Bisa karena Biasa

Berdasarkan sudut pandang psikologi klinis anak dan dewasa, teknik wawancara adalah suatu teknik yang diaplikasikan untuk mengambil data. Berdasarkan hasil presentasi kelompok mengenai hal tersebut, teknik wawancara tidak dapat dipisahkan dengan observasi. Hal ini akan menjadi hasil yang lebih baik apa bila digabungkan dengan tes-tes lainnya agar menunjang hasil konsultasi.

Pada psikologi klinis anak, psikolog terkadang mendapat kesulitan untuk mengambil data. Hal ini disebabkan oleh anak yang masih belum dapat memusatkan perhatian dengan baik, dan cenderung kurang terbuka dengan kehadiran orang asing. Untuk menyiasatinya, psikolog akan memberikan anak tes yang sesuai. Selain itu psikolog akan melakukan pendekatan menggunakan mainan, agar anak menjadi lebih terbuka dan lebih mudah untuk melakukan teknik wawancara. Psikolog juga akan mengobservasi dari jauh bagaimana perilaku anak ketika bermain sendiri atau bersama pengasuhnya. Teknik wawancara juga dilakukan kepada orang tua atau pengasuh anak untuk melengkapi data.

Di sisi lain, psikolog klinis dewasa memiliki tantangannya sendiri. Psikolog klinis dewasa terkadang mendapat klien yang menutup-nutupi pribadinya, atau membicarakan hal-hal yang tidak terkait dengan masalah yang sedang dialaminya. Psikolog harus menuntun klien agar kembali ke topik semula. Masalah lain yang dialami psikolog adalah ketika psikolog sakit. Psikolog akan menjelaskan secara terbuka kepada klien, apakah sesi ingin terus dilanjutkan atau ditunda hingga sesi selanjutnya. Klien psikologi klinis dewasa juga diberikan tes formal. Disamping tes formal yang diberikan, psikolog juga mengobservasi klien.

Agar mendapatkan data yang baik, teknik wawancara harus dibantu dengan observasi, dan tes-tes lain untuk mendapat hasil konsultasi yang baik pula. Teknik wawancara akan mudah dilakukan apa bila sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Bisa karena biasa adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan bagaimana melakukan teknik wawancara dengan baik. Berlatih melakukan teknik wawancara membuat kita mudah dalam mengambil data atau informasi yang dibutuhkan. 

3 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar