Sabtu, 23 Maret 2013

PIO dan Psikologi Pendidikan (Susanti Amelia)


Pertemuan minggu lalu Teknik Wawancara membahas tentang psikologi pendidikan dan psikologi industri dan organisasi (PIO). Seseorang yang minat dibidang pendidikan bisa menjadi seorang guru BK(bimbingan konseling) sedangkan di bidang PIO bekerja di bidang merekrut seseorang yang ingin melamar atau bekerja di suatu perusahaan atau biasanya disebut HRD. Lulusan Psikologi S1 pun dapat bekerja sebagai guru konseling maupun HRD, tetapi jika ingin lebih berpengalaman dan menambah pengetahuan lanjutkan ke S2.

Mewawancarai dalam bidang psikologi klinis dengan PIO berbeda. Dilihat dari sisi setting klinispun berbeda, psikologi klinis harus di tempat yang memang wajar dan sudah seharusnya, tidak bisa semaunya misalnya di mall ataupun restoran. Sedangkan PIO, dimanapun mau diluar kantor atau perusahaan misalnya di restoran, mall, cafe seperti yang dikatakan ci tasya  "itu sah-sah aja, tidak ada masalah".

Menjadi guru BK di sekolah tugasnya menangani atau memberi pengarahan pada anak yang mempunyai masalah dalam bidang akademisnya maupun lainnya dan kita dapat menjadi tempat luapan ceritanya yang anak tersebut tidak dapat menceritakannya pada siapapun. Bekerja sebagai HRD pun menarik, kita dapat bertemu dengan orang yang ingin benar-benar bekerja atau hanya bepura-pura. Keahlian kita diuji saat bertemu dan ingin merekrut seseorang yang benar-benar baik untuk perusahaan.

10 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar