Sabtu, 23 Maret 2013

Inappropriate Joke? (Levina Sutiono)


Pada post ini saya akan membahas mengenai kesan yang saya dapatkan ketika saya mengikuti perkuliahan Teknik Wawancara. Perkuliahan hari itu membahas satu materi yang berjudul Keterampilan Dasar Wawancara.

Pembahasan hari itu dimulai dengan salah satu keterampilan dasar wawancara yang harus dikuasai oleh seorang interviewer (i-ter), yaitu kemampuan membina rapport. Maksudnya adalah membina kondisi yang  yang hangat dan nyaman dengan klien hingga klien akhirnya bercerita kepada i-ter.

Rapport dapat dimulai dari senyuman hangat, sambutan yang bersahabat, dan sebagainya. Terdapat pula beberapa hal yang harus dihindari ketika sedang membina rapport. Salah satu point dari kemampuan membina rapport tersebut yang menurut saya unik adalah hati-hati dengan humor yang dilontarkan.

Well, saya sempat berpikir humor seperti apa yang harus dihindari? Dalam kehidupan saya sehari-hari, saya juga seringkali mlontarkan humor-humor saat saya berkomunikasi dengan orang lain. Saat melihat point tersebut, saya tersadar untuk juga menjaga pembicaraan saya kelak apabila saya bertemu dengan klien.

Namun...bukan berarti kita sama sekali tidak boleh melontarkan humor loh. Hanya saja, humor hendaknya dilontarkan pada situasi, kondisi dan waktu yang tepat. Jika klien sudah mulai menunjukkan senyuman, berikutnya boleh saja kita melontarkan humor untuk lebih mencairkan suasana. Tetapi, tetap saja jangan melontarkan humor yang akan membuat klien tersinggung.

Apabila i-ter melontarkan humor ketika klien sedang bercertita, atau bahkan sebelum klien bercerita, maka akan terbentuk kesan bahwa i-ter tidak menganggap serius masalah yang dimiliki oleh klien. Klien akan merasa seperti tidak dihargai, karena mereka mungkin saja berpikir bahwa di tengah-tengah masalah yang sedang mereka alami, i-ter malah membuat lelucon atas cerita mereka. Hal tersebut tentu akan merusak rapport yang mungkin sudah sedikit terbentuk. Niat awal untuk mencairkan suasana akan berubah, suasana yang terbentuk berikutnya mungkin akan menjadi lebih kaku.

Point lain yang juga menurut saya unik dan tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya adalah perhatikan karakteristik ruangan, termasuk sediakan kursi dengan tinggi setara. Kursi i-ter dan klien hendaknya memiliki tinggi yang sama. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah kedudukannya.

Saya personally merasa cukup terkejut. Saya berpikir bahwa bahkan sampai tinggi kursi pun akan mempengaruhi kesan-kesan yang akan terbentuk. Hal tersebut menyadarkan saya untuk semakin tidak sembarangan ketika bertindak ataupun berbicara kelak ketika bertemu dengan klien. Selain itu, melalui pengalaman beberapa kali mengikuti perkuliahan Teknik Wawancara sebelumnya, saya menjadi semakin tertarik untuk lebih mengenal teknik-teknik wawancara lain yang harus dikuasai oleh seorang pewawancara yang baik :)

18 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar