Sabtu, 23 Maret 2013

Keterampilan Dasar Wawancara (Friska Ariyanti)


Wawancara pada umumnya dilakukan oleh dua orang: interviewer dan interviewee. Jika wawancara ingin berjalan dengan lancar, ada beberapa cara yang harus diperhatikan oleh interviewer: mampu membina rapport dengan interviewee, mampu berempati, attending behavior, menguasai teknik bertanya, memiliki keterampilan observasi, dan active listening.

Saat interviewer ingin melakukan wawancara terhadap interviewee (klien) , hal utama yang harus dikuasai interviewer adalah mampu membina rapport dengan interviewee, sehingga klien dapat percaya dan mau bercerita kepada interviewer. Kesan pertama klien kepada interviewer juga dapat mempengaruhi jalannya wawancara, oleh karena itu interviewer diharapkan berbuat ramah saat klien pertama kali datang, menyambutnya dengan hangat, mempersilahkannya duduk, dan menampilkan ekspresi yang kepedulian.Pada saat wawancara berlangsung, rasa empati juga dibutuhkan agar terciptanya rasa nyaman dan percaya. Klien dapat bercerita dengan leluasa dan interviewer dapat memahami perasaan klien. Saat klien bercerita, interviewer harus mendengarkan dan menjaga kontak mata dengan klien sehingga klien merasa dihargai dan didengarkan.

17 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar