Kamis, 07 Maret 2013

homoseksualitas (Laura Hutami Putri)

Pertemuan untuk ketiga kalinya dalam pelajaran perilaku seksual.  Pertemuan kali ini kita membahas tentang tiga orientasi seksual.  Yang pertama heteroseksual yang berarti menyukai lawan jenis, yang kedua homoseksual nama lain dari menyukai sesama jenis dan yang terakhir atau yang ketiga adalah bisexual yaitu seorang dapat menyukai lawan jenis dan sesama jenis. Tidak mudah untuk menentukan apakah orientasi seksual yang dimilki seseorang hanya dari perilaku sexualnya saja, karena manusia memilki perilaku seksual, fantasi seksual, kedekatan emosional dan sexual self-concept yang bervariasi.  Ada lima teori yang berkembang saat ini mengenai homoseksual. Salah satunya yang menarik adalah ada teori belajar, yakni homoseksualitas adalah perilaku yang dipelajari. Homoseksualitas juga dapat dilihat dari teori biologis yang merupakan kelainan dalam perkembangan. Jadi homoseksualitas dapat dilihat dari berbagai teori dan tidak hanya karena masalah dalam diri melainkan juga dapat diakibatkan sosial disekelilingnya.
     “Homoseksualitas”, saat kata itu terucap pasti kita tergambar, seorang cowok menyukai cowok. Tapi tahukah kalian homoseksualitas itu terdapat di cowok dan di cewek. Dalam cowok dinamakan dengan gay dan dalam cewek dinamakan lesbian. Pasangan gay dan lesbian lebih memiliki keinginan keras dalam mempertahankan pasangannya. Ketika putus, pasangan gay atau lesbian kemungkinan untuk kembali kepada mantannya dibandingan dengan pasangan heterosexual.
Saat ini orang-orang gay, lesbian dan bisexual telah dihapuskan dari Diagnostic and statistical manual. Tetapi dalam masyarakat atau lingkungan orang-orang GLB masih dipandang sebagai sesuatu hal yang berdosa dan jika pasangan heterosexual bertemu dengan pasangan GLB cenderung akan merendahkan self esteem pasangan GLB secara psikologis.
  Untuk semua yang telah dibahas diatas merupakan pengetahuan  untuk kita bahwa homsexualitas itu memang ada disekitar kita ataupun di luar kita. Tetapi yang harus kita lakukan adalah kita jangan sampai menjauhkan orang-orang gay, lesbian atau bisexual, karena mereka sama seperti kita yang membutuhkan cinta dan perhatian yang berebda adalah mereka salah untuk membaginya dengan siapa.
 
6 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar