Rabu, 26 November 2014

SS = Sex n Stress (Ellen Gauw)

Hello! Weekly post is here (Do you realize that, I always post this in the middle of the night? Oh well, let's just say the owl is wide awake and decide to pester me with it's energy :D)... Today it's about sex and stress! Let's get started!




Stres merupakan suatu respon manusia yang dihasilkan dari situasi yang menekan dirinya. Stres memiliki berbagai macam dampak, salah satunya adalah terhadap kehidupan seks seseorang. Apabila stres terlalu tinggi umumnya yang terjadi adalah seorang perempuan akan kehilangan gairah untuk melakukan hubungan seksual. Hal yang terbalik terjadi pada laki-laki, pada laki-laki stres yang tinggi memicu sekresi hormon testosterone yang kemudian akan meningkatkan gairah seks. Sedangkan hormon yang meningkat pada saat seorang perempuan sedang mengalami stres adalah oksitosin.




Dalam sebuah acara talkshow yang minggu lalu ditayangkan di kelas, terdapat kasus seorang perempuan justu merasa gairah seksnya semakin tinggi apabila dirinya mengalami stres. Hal ini merupakan hal yang wajar. Ternyata kekurangan hubungan seksual juga mampu menyebabkan stress loh! Hal ini terutama dapat dilihat dalam situasi hubungan keluarga. Semakin sibuk pasangan, semakin sedikit pula waktu yang dimiliki oleh mereka untuk quality time, semakin sedikit quality time semakin kecil pula kemungkinan pasangan untuk melakukan hubungan seks. Semakin kecil peluang pasangan melakukan hubungan seks semakin besar pula tingkat stres yang dirasakan oleh pasangan (karena merasa jauh dari pasangannya.. Seks digunakan sebagai waktu untuk merasa menjadi satu dengan pasangan atau bonding time).


Rempong yak......


Tidak hanya itu, tingkat stress yang tinggi akan membuat seseorang untuk "berlari" mencari asupan gula dan lemak. Lemak dan gula yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan akan membuat seseorang obesitas. Obesitas membuat keseimbangan hormon dalam tubuh menjadi kacau, setelah keseimbangan hormon dalam tubuh kacau, gairah seks juga turut tidak stabil.... NAH LOH! Lingkaran setan ini lama-lama....



Maka dari itu, untuk memutus lingkaran setan ini..... Kita harus mempelajari cara untuk menangani stres yang efektif. Dengan memiliki cara penangan stres yang efektif maka kehidupan seksual dapat "diselamatkan" dan kita mampu keluar dari lingkaran setan tersebut... Salah satu caranya adalah dengan menjaga pola makan kita... Pola makan yang harus diterapkan adalah tinggi serat dan protein, tetapi rendah lemak dan gula. Olahraga secara teratur juga terbukti mampu menurunkan tingkat stres seseorang. Sebisa mungkin luangkan waktu untuk bersama-sama duduk dengan pasangan dan menjalani quality time bersama. Beberapa hal yang disebutkan di atas mampu membantu untuk mengurangi stres yang dirasakan dalam hidup...

26 Nov 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar