Rabu, 12 November 2014

I’m Beautiful (Just The Way I am) (O'Chandy Marshieldfer)

Judul blog kali ini terinspirasi lagunya Christina Aguilera, Beautiful, horeee.. :D Kira-kira blog kali ini mau berbagi tentang apa ya?? Ada yang tahu?? Hehe. Langsung penulis kasih tahu aja deh hint-nya, ini merupakan gangguan yang sering dialami perempuan dan sekarang ini sedang ‘mewabah’ pada laki-laki. Hayo??? Apa ya? Yap,that’s eating disorder, tapi penulis hanya akan membahas eating disorder yang terjadi pada perempuan. Apa sih eating disorder itu? Eating disorder (gangguan makan) merupakan perilaku atau kebiasaan makan yang tidak normal. Salah satu jenis eating disorder yang sering dialami perempuan adalah anorexia nervosa.

     Anorexia nervosa merupakan gangguan makan yang mudah dideteksi dari bentuk fisik penderita (disebut anorexic) yang kurus dan berat badan yang kurang dari berat badan normal. Anorexia nervosa disebabkan oleh mindset (pola pikir) tentang body image yang ideal. Nah, pola pikir tadi dipengaruhi oleh media iklan (yang mengatakan perempuan cantik itu memiliki kaki jenjang, lekuk tubuh seperi jam pasir, dan bla bla bla), tuntutan pekerjaan (biasanya terjadi pada model), keluarga, diejek (karena memiliki tubuh gemuk), dan sebagainya. Anorexic cenderung berpikir bahwa tubuhnya ‘masih gemuk’ (walaupun tubuhnya tinggal tulang) sehingga melaparkan dirinya. Dalam kasus anorexia, anorexic cenderung untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat sedikit (misalnya sebuah cookies, secuil roti) dan kasus (biasanya) ditutup dengan kematian.

     Tuh, gara-gara mau ‘cantik’ ala model jadi menyiksa diri dan menyebabkan kematian. Cantik itu relatif loh J Seperti yang penulis ulas di blog sebelumnya, ‘You’re Beautiful’, setiap orang memiliki standar kecantikan tersendiri, baik perempuan maupun laki-laki. Hal tersebut dipengaruhi oleh persepsi dan pola pikir individu loh. Cantik sebenarnya itu menjadi diri sendiri karena rasa nyaman akan pribadi sendiri lebih mencerminkan inner beauty dan talenta yang dimiliki. ^_^

When you grow up, you’ll just be your self..
-Lucy Pevensie, Narnia: The Voyage of Dawn Treader.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar