Jumat, 14 November 2014

Love and Intimacy lesson (Christinawati)


Why Human can falling in love? What makes them fall in love?

How they fall in love? And How well do you know about Love?

     Pada kelas Perilaku Seksual tanggal 21-08-14, kami mempelajari berbagai jenis Cinta / Love serta pacaran hingga hal-hal pernikahan. Selain itu kami juga mempelajari beberapa hal atau skill yang dapat membuat hubungan cinta dan pernikahan menjadi lebih baik. Apa yang membuat seseorang dapat jatuh cinta atau memiliki rasa suka kepada orang lain? Jawabannya adalah daya tarik orang tersebut. Cinta kepada orang lain itu terdiri dari banyak jenis variasinya, berikut ini akan diceritakan lebih lanjut.

      Romantic Love, cinta romantis yang di mimpikan hampir bagi setiap rata-rata wanita (termasuk saya sendiri, Don't tell me you're not. But let's be real, cause Love can't pay rent). Karena didalam Romantic Love ini bukan cuman memiliki rasa suka yang biasa, namun Romantic Love ini membuat Anda merasa pacarannya manis selalu. Artinya Anda hanya merasakan senang, kegembiraan yang luar biasa dan tidak dapat melihat sisi kekurangan dari pasangan Anda. Karena pada saat itu daya tarik fisik, hasrat seksual, serta rasa cemas dalam pacaran itu telah membuat Anda merasa pasangan ini adalah orang yang ideal buat saya. Dan ketika tingkat pacaran Anda telah meningkat hingga membentuknya keterikatan baru dan pada titik euforia, maka itu menjadi Passionate Love.

     Kemudian disini akan menceritakan 6 Tipe Dasar Cinta yang dikemukakan oleh Bapak John Alan:
Eros (pasangan romantis), Ludus (pasangan yang senang bermain atau bergurau). Storge (pasangan yang tenang dan kalem), Mania (pasangan yang berheboh ria), Pragma (pasangan yang praktis atau biasa-biasa saja), Agape (pasangan yang mulia, karena selalu mendahulukan pacarnya selalu).

     Pernahkah Anda berpikir, Cinta itu terkandung atau terbuat dari bahan apa? Bapak Robert Sterberg berkata Cinta itu terbuat dari tiga elemen, yaitu Passion (gairah), Intimacy (keintiman), dan Decision / Commitment (keputusan untuk berkomitmen). Dan terdiri berbagai macam cara untuk membuat suatu hubungan itu bertumbuh dengan baik.

     Dalam pendekatan Psikologi, rumus Behavioral itu menjelaskan kita dapat jatuh cinta karena memiliki orang lain itu memberikan kita rasa positif yang membuat kita dapat jatuh cinta kepadanya. Sedangkan rumus Cognitive itu berkata kita jatuh cinta karena kita berpikir kita cinta sama orang itu ( We think we love them, then we just fall in love that's all). Physiological Arousal bilang bahwa manusia itu mudah diserang dengan perasaan (cinta) dalam berbagai alasan ( That's why we are called human, we have feelings and emotions ). Pandangan Evolutionary bilang bahwa cinta itu bisa terjadi karena kita ingin melindungi orang itu dari bahaya dan juga karena dorongan seksual yang ada dalam kita (Wow!).

Hal-hal yang dapat membuat hubungan pacaran ini lebih baik adalah:

Have to practice your Communication Skill, Listening, Appreciate your partner ( accept criticism without become defensive), Block your Jealousy & Possessive-Bossy style. And every relationships take effort and be sensitive to your partner's. Last, think maturity (matang-matang) before you start activing your love.

27 Agt 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar