Selasa, 11 November 2014

Manfaat Media Sosial (Saras Tiara Putri Mulawarman 705140085)


1.1 Pengertian Media Sosial
      Pengertian media sosial. Dalam kutipan yang terdapat di romelteamedia.com (2014) media sosial adalah sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking).
     1.2 Sejarah Media Sosial
Sejarah media sosial. Kepentingan mulai tumbuh di tahun 1960-1970, terhadap lomokotif uap, trem yang dipercanggih. mobil-mobil dengan model baru dan teknologi. Rentang rasa takut dan harapan dari generasi yang terdahulu, ketika dengan menggunakan kata-kata Carolyn Marvin, ‘teknologi yang lama adalah baru’ (Briggs & Burke, 2000). 
     Tahun 1995 lahirlah situs GeoCities yang melayani web hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun. GeoCities merupakan tonggak awal berdirnya website-website.
     Pada tahun 1997 sampai tahun 1999 munculah sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmates.com. Lalu, di tahun tersebut muncul juga situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun (”Sejarah perkembangan media sosial”, 2013).

1.3 Macam-macam Media Sosial
Media sosial yang populer digunakan di Indonesia, antara lain (a) Facebook, (b) Twitter, (c) Blogger, (d) Path, dan (e) E-mail.

1.4 Manfaat Media Sosial
    Manfaat media sosial. Media sosial banyak digunakan untuk berinteraksi dengan yang lainnya, seperti bermain game bahkan berbisnis seperti kutipan dalamimuzcorner.com. Bagi anda yang sudah berinteraksi di sosial media, mungkin anda mempunyai pendapat berbeda-beda mengenai manfaat sosial media bagi anda. Dari research kecil-kecilan yang saya lakukan para pengguna sosial media memanfaatkan sosial media untuk bisnis online,baik untuk mempromosikan bisnis online atau menjual langsung produk dan jasa dan sebagian lagi sosial media untuk mencari teman lama, atau teman yang mempunyai ketertarikan dan hobi yang sama.

     Ada juga sebagian pengguna sosial media untuk pencitraan, baik pencitraan brand produk, ataupun pencitraan individu atas kepentingan politik atau lainnya. Ada juga yang menemukan kesenangan tersendiri di media sosial dengan bermain game di situs jejaring sosial dan menemukan komunitas mereka sendiri untuk saling berinteraksi.

     Selain itu, sosial media bisa membuat suatu pergerakan, baik perubahan, protes, simpati, prihatin, antipati, menulis pendapat, opini, pengalaman dan apa saja bisa anda lakukan sepanjang tidak melanggar aturan pemerintah tentang bunyi UU Informasi dan Transaksi Elektonik ayat 3: 
 “Setiap orang dilarang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan, mentransmisikan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik”.

Reference List

Briggs, A., &Burke, P. (2006). Sejarah sosial media dari Gutenberg sampai internet(A. R. Zainuddin, penerj). Jakarta:yayasan obor Indonesia. (Karya asli diterbitkan pada 2000)

Anonymus. (2013). Apa Manfaat Sosial Media Bagi Anda?. Di unduh dari: http://www.imuzcorner.com/2013/06/apa-manfaat-sosial-media-bagi-anda.html

Anonymous. (2013). Sejarah perkembangan media sosial. Di unduh dari: http://www.info-digitalmarketing.com/2013/12/sejarah-sosial-media-sejarah.html

Anonymous. (2014). Media Sosial: Pengertian, Karakteristik, dan Jenis. Di umduh dari: http://www.romelteamedia.com/2014/04/media-sosial-pengertian-karakteristik.html.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar