Rabu, 30 April 2014

Wawancara atau berbincang-bincang? (Annisa Kharisma)


A.    
B. 


Apakah anda melihat perbedaan 2 gambar diatas? apa yang anda pikirkan mengenai 2 gambar diatas? ga,bar tersebut memiliki persamaan yaitu sama-sama melakukan wawancara untuk menggali informasi dan memiliki pula perbedaan yakni, formal dan tidak formal. Lalu manakah yang formal dan manakah yang tidak formal? apakah ada perbedaan lain diantara keduanya?

Pada gambar A terlihat terdapat 2 wanita sedang melakukan proses wawancara guna menggali informasi di suatu perusahaan. Di dunia psikologi industri sangatlah penting melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi dan sesuai kriteria yang dibutuhkan suatu perusahaan. Gambar A termasuk formal karena memiliki ruang dengan setting khusus yang sepi, dingin, nyaman dan jauh dari bising. Menggunakan pakaian formal yaitu pakaian yang sopan, rapi dan dapat disesuaikan dengan keadaan seperti ke kantor. Wawancara formal hanya dapat digunakan di ruangan tertutup dan digunakan untuk orang yang memiliki latar pendidikan yang baik.

Sedangkan pada gambar B dapat dikatakan tidak formal karena dilakukan di ruangan sekadarnya, dilakukan  bersama-sama, diluar jam kerja dan menggunakan pakaian santai. Dunia psikologi industri ternyata juga diperlukan teknik wawancara dengan gaya tidak formal seperti ini. Mengapa demikian? tepat pada tanggal 22 april mata kuliah teknik wawancara, dosen saya Ibu Henny Wirawan mengundang senior saya ke kelas untuk memberi pengalaman senior saat bekerja. Menurut para senior mengapa wawancara tidak formal juga diperlukan? karena menurut mereka wawancara tidak formal cocok dilakukan di luar ruangan dan menggali informasi dengan warga yang dipekerjakan yang memiliki tingkat pendidikan tidaj tinggi. Contohnya adalah di lahan pertambangan. tidak mungkin melakukan wawancara di ruangan yang nyaman dan dingin saat di lahan pertambangan kecuali atasan yang memiliki jabatan atau yang dipekerjakan di dalam ruangan. Untuk di luar ruangan, hanya warga yang dipekerjakan sehingga melakukan wawancara seperti mengobrol atau berbincang-bincang dan menayakan hal-hal yang dasar.

Jadi hanya beda tipis antara wawancara dengan berbincang-bincang bukan? jangan salah artikan bahwa berbincang-bincang merupakan wawancara seperti diperusahaan karena berbincang-bincang tidak meneganggkan seperti wawancara formal dan berbincang-bincang tidak terlalu banyak membutuhkan tehniknya. 

27 April 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar