Rabu, 30 April 2014

Praktisi Psikologi Industri & Organisasi (Carnesya Hergiani)

M
inggu ini saya bertemu dengan orang-orang hebat. Dimana beliau adalah senior dan alumni psikologi untar. Mereka adalah Ibu Dinah, Bapak Jeremia dan Bapak Filipus. Banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang beliau berikan. Tentunya tak sekedar teori belaka. Beliau bekerja di bagian HRD untuk recruitment atau seleksi karyawan.


HRD adalah gerbang utama dari sebuah perusahaan. Pada gerbang inilah perlu adanya seleksi agar karyawan yang masuk sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan mengenai jobdesk atau kemampuan apa yang diperlukan pada sebuah posisi. Agar calon karyawan sesuai dengan posisi, diperlukan wawancara calon karyawan. Pewawancara perlu menyesuaikan diri siapa yang sedang diwawancara. Gunakanlah bahasa yang sesuai dengan yang diwawancara. Ini dilakukan agar bahasa yang digunakan mudah dipahami dan bisa menggali banyak informasi dari calon karyawan.

Tak hanya itu, bagian HRD juga perlu mengetahui kondisi atau permasalahan karyawan di lapangan. Oleh karenanya HRD tidak hanya bisa duduk di balik meja. HRD perlu melihat di lapangan bagaimana kondisi karyawan sesungguhnya. Dengan begitu diharapkan permasalahan atau kekurangan yang dialami karyawan dalam pekerjaannya dapat terbantu. Ketika para karyawan bekerja secara produktif, secara tidak langsung dapat membuat perusahaan menjadi lebih produktif. 


27 April 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar