Selasa, 01 April 2014

Teknik Wawancara dalam Bidang PIO (Virna Anggraini)

 Pada mata kuliah teknik wawancara saya dan kelompok mendapatkan tugas untuk mewawancarai dibidang psikologi industri dan organisasi. Kelompok kami berkesempatan mewawancarai salah seorang HRD yang sudah bekerja minimal 1 tahun pada sebuah perusahaan. Awalnya ketika mendapatkan tugas untuk mewawancarai seorang HRD saya sendiri merasa tertarik. minat saya sebenarnya adalah pada bidang klinis anak atau dewasa. namun, saya juga punya sedikit ketertarikan pada bidang HRD itu sendiri. dan pada saat mewawancarai seorang HRD saya mendengarkan beberapa tantangannya menjadi seorang HRD. Tantangan tersebut menurut saya cukup menarik, dimana kita sebagai seorang HRD dituntut untuk terus bertanya dengan pertanyaan terbuka kepada pelamar sehingga dapat menggali informasi yang memang sangat dibutuhkan. namun, dibalik itu semua tentunya seorang HRD juga bisa mengalami yang namanya dibohongi oleh pelamar karena data yang diberikan bohong. atau juga pada saat bertemu dengan salah satu pelamar yang sangat tertutup sehingga pewawancara harus memiliki teknik khusus untuk membuat pelamar menjadi lebih rileks dan bisa terbuka kepada pewawancara.


pada kasus yang subjek kami temukan adalah salah seorang pelamar yang tertutup tersebut dan cara subjek mengatasi hal tersebut adalah dengan mencoba membuat pelamar menjadi lebih rileks sehingga merasa lebih tenang dan nyaman dengan pewawancara. dan menayakan satu persatu pertanyaan yang memang dibutuhkan datanya dari pelamar. bahkan, ada juga kasus dimana pada saat melamar kerja hasil tes pelamar tersebut bagus namun, pada saat beberapa bulan bekerja ternyata kualitas dari pelamar tersebut tidak bagus.


dan dari ebberapa presentasi pada bidang PIO yang dapat saya simpulkan adalah bahwa seorang HRD memang harus bisa melihat apakah yang dikatakan oleh pelamar adalah benar apa adanya atau hanya bohong. dan seorang HRD juga harus benar-benar melihat hasil tes dari pelamar tersebut sehingga tidak terjadi sesuatu pada saat beberapa bulan individu tersebut bekerja.


16 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar