Senin, 28 April 2014

Berbagi Pengalaman (Shella Tjhia)

Pada kelas teknik wawancara hari selasa (22 April 2014) kemarin, kami didatangkan tiga kakak senior untuk berbagai pengalaman. Ketiga kakak senior tersebut berkecimpung di dunia PIO yang dimana ketiga kakak senior tersebut telah memiliki banyak pengalaman di bidang pekerjaannya masing-masing. Pengalaman yang dibagikan berupa cerita mengenai penggunaan teknik wawancara dalam dunia kerja, persiapan sebelum bekerja, kemampuan yang harus dimiliki, serta cerita mengenai suka duka dari pekerjaan mereka.
     Yang pertama menceritakan tentang pengalamannya adalah Kak Dinah, Kak Dinah pernah bekerja  di perusahaan pertambangan nikel. Menurut pengalaman Kak Dinah mewawancarai karyawan yang ada dilokasi tambang  tidak bisa dengan suasana formal tetapi harus dengan suasana tidak formal (santai sambil makan bersama atau sambil duduk di pinggir pantai).
Yang kedua adalah Kak Jerry. Kak Jerry mengatakan bahwa untuk wawancara, kita harus memperhatikan 3 hal yaitu : pertama, harus mengetahui tentang perusahaan tersebut; kedua, harus mengetahui posisi apa yang akan dilamar, dan ketiga, harus mengetahui siapa yang akan diwawancara.
Yang ketiga adalah Kak Philipus. Kak Philipus mengatakan bahwa yang harus dilihat pada saat wawancara adalah penampilan (harus bersih, rapi), kemudian kompetensi dari calon karyawan tersebut.
    Itulah sedikit ulasan dari pengalaman yang dibagikannya kepada kami.

28 April 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar