Rabu, 30 April 2014

" Kunjungan :’) " (Adinda Suci Saputri)


imageTepat pada tanggal 22 april 2014 , hari selasa pada saat kelas Teknik Wawancara , kedatangan 3 orang senior alumni tarumanagara yaitu terdiri dari Kak Dinah , Kak Jerry dan Kak Filipus , mereka share tentang Teknik Wawancara yang membuat banyak informasi dan dapat menjadi pelajaran untuk saya dan memberi motivasi pula  . 
Kita mulai aja , pertama itu Kak Dinah iya bekerja di daerah yang cukup jauh bagi saya ,yang saya masih ingat deket pulau raja ampat deh ,hehe :D . nah dari Kak Dinah ini saya banyak mendapatkan informasi bahwa disana itu kan tidak semua nya yang dia wawancarai itu orang yang berpendidikan tinggi karena ia bekerja sebagai HRD pertmbangan jadi kadang ia terjun langsung kelapangan untuk wawancara dilapangan bukan disuatu ruangan yang sudah tersedia ,untuk interview dgn seorang pekerja tambang tersbt harus bisa melihat kondisi nya pula diajak berbicara seperti biasanya tidak seperti interview yang formal didalam ruangan , berbicara seperti biasanya dan memberi pertanyaan dengan mengobrol saja agar mendapatkan informasi , ketika yang kita interview orang daerah tersebut dan mempunyai logat berbicara ,sedikit banyak kita harus bisa berbicara dan paham dengan logat berbicara daerah mereka .
Yang ke 2 Kak Jerry bekerja di perkebunan sawit , nah kak Jerry ini sedikit memberi saya motivasi ,hehe ,dari share nya beliau dia berkata ” kita itu harus banyak belajar dan sering membaca karena dari hal tersebut membuat kita menjadi banyak pengetahuan dan informasi yang sangat banyak bila kita membaca ” awalnnya saya juga berpikir kalau jurusan psikologi untuk memasuki dunia pekerjaan tidak seluas yang saya bayangkan hanya stuck pada HRD dan bila sudah S2 dapat menjadi psikologi dgn memilih jurusan PKA , PKD , PIO dll . tetapi jurusan psikologi itu dapat memasuki dunia pekerjaan apa saja bila kita mempunyai kemauan untuk belajar dan mencari tahu informasi sebanyak”nya pekerjaan apa yang kita minati , terus kita harus dapat bergaul , menjalani hubungan yang baik dengan orang , dan teman juga dapat mempengaruhi kita “bila kita bergaul dengan orang yang hebat dan pintar , secara tidak langsung kita juga dapat terpengaruh dan menjadi orang yang pintar pula karena banyak pengetahuan yang kita dapatkan ” jangan menjadi orang yang mengotakan dirinya dan tidak menjalin hubungan kepada orang lain karena itu dapat merusak diri kita juga dan menjadi diri yang tidak berkembang . Ketika kita ingin bekerja kita harus mencari dahulu informasi dari pekerjaan tersebut , mencari tahu riwayat perusahaann tersebut ,agar pada saat kita diwawancara kita tidak seperti orang kebingungan . Dan salah satu pesan favorit kak gery adalah ” Lebih banyak untuk observasi , Banyak mendengar , Sedikit berbicara ” . 
Nah ke 3 Kak Filipus bekerja didunia makanan HRD Breadlife : informasi yang saya dapatkan dari kak Filipus ini kita harus menjadi orang yang netral , harus bisa menapatkan diri , tidak boleh mengejudge orang dari cover nya saja . 
Sekian blog saya tentang kunjungan yang bermanfaat untuk saya memberi informasi tentang “teknik wawancara dan mendengarkan pengalaman mereka ” semoga kelak saya dapat menerapkan informasi tersebut dengan baik nanti nya “ 

26 April 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar