Jumat, 14 Juni 2013

stress bukan untuk di lawan tetapi untuk dipahami (Yessica Felicia)


      Kehidupan saat ini semakin hari semakin berubah,  tekanan-tekanan dalam hidup rirasakan semakin berat oleh sebagian besar orang. Hal ini diakibatkan oleh tuntutan dalam hidup yang semakin kompleks dan semakin kacaunya kehidupan ini. Tekkanan yang muncul dalam hidup dan kondisi kehidupan saat ini yang semakin kacau dan terkesan hirukpikuk dengan segala masalah yang ada dapat memicu memunculnya stress.  Setiap orang memilki tingkat daya tahan yang berbeda-beda dalam menghadapi semua situasi yang terjadi didalam hidupnya, semua ini diakibatkan oleh pola berpikir dan pengalaman yang berbeda-beda setiap orangnya. Seseorang yang tidak memilki daya tahan yang  kuat dan tidak mampu menerima segala perubahan yang terjadi didalam kehidupnya lebih rentan untuk mengalami stress. Selain itu kemampuan mengatur emosi pun menjadi penting, seseorang yang memiliki kemampuan mengelolah emosi yang rendah cenderung juga mudah mengalami stress.
          Stress amat terasa mengganggu jika hal tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama, karena stress akan mempengaruhi kondisi kehidupan seseorang baik dalam kehidupan sehari-hari dalam berinteraksi dengan orang lain maupun juga dengan interaksi terhadap dirinya sendiri. Tetapi bukan hanya itu saja stress pun akan menjadi pengganggu bagi seseorang yang telah memiliki pasangan dalam hubungan seksual mereka dengan pasangannya.  Dalam hubungan seksual dampak yang ditimbulkan dari stress pada laki-laki  kan sangat berbeda dampak yang dirasakan dengan stress yang dirasakan oleh perempuan, karena pada umumnya laki-laki yang sedang mengalami stress lebih cenderung memiliki napsu atau gairah yang lebih meningkat, berbeda dengan ketika perempuan merasa stress terkadang napsu atau gairah seksual mereka cenderung menurun, pada wanita ketika mereka merasa stress kecenderungan mereka mengalihkan stress mereka kepada makanan atau mencari hiburan. Selain itu stress pun akan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang baik secara piskologis maupun pisikis. Penyakit dapat muncul diakibatkan oleh stress tetapi stress pun dapat juga muncul diakibatkan oleh kondisi penyakit, opleh kerana itu keduanya sangatlah berhubungan.
        Amat sangatlah penting untuk dapat mengendalikan stress, dengan stress yang terkendali maka kehidupan ini akan dirasakan menjadi jauh lebih bahagia. Oleh karena hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami kehidupan ini terlebih dahulu, memahami bahwa dalam hidup ini selalu ada masalah yang muncul, memahami bahwa dalam kehidupan ini selalu berubah termasuk masalah-masalah yang muncul lambat atau laun pun pasti akan berubah dan bahwa tidaklah ada yang kekal. Dengan adanya pemahaman seperti itu maka akan munculnya penerimaan terhadap kenyataan yang ada, dengan otomatis stress itu pun tidak akan muncul terlalu berat walau terkadang masih dapat dirasakan tetapi itu masih dalam ambang batas yang normal dan tidak mempengaruhi kehidupan terlalu banyak. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan cara merilekskan pikiran serta belajar untuk dapat mengendalikan emosi, hal ini akan sangat bermafaat karena dengan pikiran yang tenang maka pikiran menjadi jerni, mampu melihat segala sesuatu sebagaimana adanya dan dengan otomatis stress itu tidak akan muncul dan kebahagiaan akan tercipta. Hal ini dapat dilakukan mungkin dengan cara mengikuti latihan meditasi atau yoga.
        Stress bukan untuk dilawan tetapi untuk dipahami, dimengerti mengapa stress itu dapat muncul, mengerti dan mencari tau sebab dari munculnya stress itu sendri.  Dengan adanya pemahaman seoerti ini maka tingkat stress akan berkurang dan kebahagiaan itu akan muncul dan dapat dirasakan dalam jangka waktu yang relatif lebih lama, serta kesehatan pun tetap terjaga serta pada seseorang yang telah memiliki pasangan dapat menciptakan hubungan seksual yang mereka inginkan yang tentunya membawa kebahagian serta kepuasan.
 
29 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar