Kamis, 13 Juni 2013

Refleksi Diri Kunjungan Panti (Ivana Leo)

     Kunjungan ke Panti Sosial Bina Daksa dalam rangka untuk mempraktekkan teknik wawancara kepada subjek yang telah ditentukan sebelumnya ini membuat saya sadar jika saya melakukan banyak kesalahan dalam teknis. Salah satunya ketika saya melakukan tugas verbatim wawancara, saya baru menyadari bahwa saya melakukan banyak parroting kepada subjek. Selain itu saya juga tidak sepenuhnya membiarkan subjek membicarakan suatu hal, terkadang saya masih memotong pembicaraan subjek. Saya juga merasa kesulitan dalam menangkap cerita subjek yang cukup berkesan bagi saya, dikarenakan cerita subjek seakan-akan membuka mata saya jika ada orang yang mempunyai kisah hidup seperti ini, yang dimana tidak pernah terbayangkan oleh saya sendiri.

     Kekurangan saya lainnya dalam wawancara adalah saya masih kurang bisa berempati dengan apa yang dialami oleh subjek, dikarenakan subjek belum bisa melihat subjek seutuhnya. Alasan lainnya saya harus masih belajar untuk mempunyai sikap profesional dalam melakukan sesuatu hal dan tidak membawa masalah pribadi ke tanggung jawab lainnya. Lalu, saya juga terlalu banyak ekspresi ketika mendengar cerita subjek, walaupun ketika wawancara saya menyadarinya. Hal itu saya lakukan agar saya ingin subjek mengetahui jika saya tertarik dengan cerita subjek. Masalah ekspresi wajah, saya maish harus belajar banyak. Saya juga masih merasa kurang bisa menggali informasi yang lebih mendalam dari apa yang telah dicerita subjek, karena saya masih merasa terkejut dengan cerita subjek.

     Namun kelebihan saya lainnya adalah, saya merasa cepat dalam membina rapport. Saya merasa bisa cepat akrab dengan subjek, dan juga terbuka dengan subjek. Subjek juga orangnya cukup dapat bekerjasama selama proses wawancara, dimana subjek dapat menjawab semua pertanyaan yang diajuin oleh saya dengan baik. Setelah wawancara selelsai, saya juga memberikan pandangan dan nasehat-nasehat positif. Pada dasarnya subjek yang saya wawancarai sudah memiliki kekuatan hidup yang baik, tetapi saya hanya menambahkan beberapa kata-kata positif agar subjek lebih baik dari sebelumnya.

1 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar