Kamis, 13 Juni 2013

Reflections in lovely new experiences!! (Mareta Bansumi)

     Pengalaman baru dan seru tentunya banyak saya dapatkan dalam kelas teknik wawancara :D Dalam praktek ini, kami semua memerankan 3 peran, yaitu sebagai pewawancara, observer, dan klien. Hal yang membuat jantung saya berdebar saat itu adalah saat saya pertama kali menjadi pewawancara dengan setting PIO, mungkin karena baru pertama kali juga masuk ke dalam ruangan yang selama ini menjadi ruangan misteri yang saya nanti-nanti kan *karna setiap kali makan siang liat senior pake baju kece di depan ruangan tersebut* hahahha :p Selain itu, saya juga baru pertama kali mewawancarai seseorang dengan diawasi oleh observer yang tidak saya ketahui, hehehehe. Saya beberapa kali menundukkan kepala untuk melihat daftar pertanyaan yang telah disiapkan, sakin gugupnya sampe lupa mau nanya apa. Hehehe :p Waktu yang dikasih buat wawancara itu selama 10 menit, tapi terasa lama banget… mungkin karena deg-degan makanya terasa lama banget. Heheheh.
     Selanjutnya, pada wawancara kedua diminggu berikutnya ber-setting pendidikan. Nah, pada wawancara ini saya mewawancarai temen se-gang saya, hehehe :p Wawancara kali ini terasa sangat berbeda dengan sebelumnya, saya merasa lebih santai dan ga terasa 10 menit berlalu dengan cepat… hehehe :P tapi hal konyol yang terjadi pada saat wawancara ini, pedoman wawancara yang telah saya bawa ke dalam ruang wawancara ternyata terjatuh ke bawah meja dan saya baru sadar dipertengahan wawancara berlangsung. hehehe. Sampe pada saat keluar ruang wawancara temen saya bilang kalau saya seolah-olah menguasai wawancara tersebut.. dia ga tahu aja saya sempet deg-degan takut kehabisan pertanyaan waktu wawancara. Hahahhaha.
     Diminggu ketiga wawancara yang akan dilakukan semakin menantang, yaitu setting klinis. Diwawancara kali ini saya juga mewawancarai temen se-gang saya. *merasa beruntung* Hehehhee. Pada setting ini, saya sempet ga bisa nahan senyum ngeledek saya ke dia. Soalnya dia menjawab pertanyaan saya dengan jawaban yang biasanya kami bahas ketika sedang mengobrol bersama. Heheheh :p Waktu yang 10 menit tersebut juga tidak terasa telah berlalu, saya dengan lancar dapat melakukan wawancara tersebut meskipun tanpa pedoman wawancara. hehehe.
     FINALLY, perang sesungguhnya dimulai!! Saya beramai-ramai dengan teman sekelas pergi wawancara ke beberapa panti yang sudah ditentukan.  Saya pergi ke Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW), waktu ke panti ini seru banget dan lebih menantang wawancaranya. Karena di wawancara ini saya memiliih sendiri subyek yang mau saya wawancara dan bener-bener kayak psikolog professional menghadapi klien gitu. Hahahhaha :P Saya bener-bener ga tahu gimana latar belakang subyek saya, gimana wataknya *kan takut juga kalo dapet Oma yang galak* heheheh :P Nah, pas saya baru sampe.. ada seorang nenek-nenek yang manggil saya. Dalam hati saya bilang “wah ini kayaknya bisa diwawancarain nih” uda seneng aja. Eh.. pas wawancara Omanya nangis mulu, bikin ga tega buat nanya-nanya tentang masalahnya L.
     Akhirnya, saya mutusin buat udahan wawancara hari itu dan akan balik lagi beberapa hari kemudian. Hehehehe. Nah, pas dateng lagi ke sana.. Omanya ternyata masih inget sama saya dan manggil saya lagi. Wawancara selanjutnya dimulai dehhh dan akhirya saya mendapatkan informasi yang saya rasa cukup. Hehehe. Terus saya pamitan deh sama Omanya. Ternyata Omanya narsis juga kayak saya, kami sampe foto banyak banget!! Hahhahaha Oh iya.. saya juga dapet beberapa doa dari Oma yang berkesan *semoga aja doanya jadi kenyataan* hihihihihi :P
Pengen rasanya pergi-pergi kayak gini lagi.. seru bangettt!! Tapi bukannya ga lulus juga yahh mata kuliah ini. hahahhahaha. Mungkin dapat dinikmati pengalaman yang baru dengan mata kuliah lainnya. Hehehhe. Pokoknya makasih banget dan jempol buat Bu Henny sama Ci Tasya yang udah bimbing kita sampe bisa begini. Hehehehe :* :* 
 
6 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar