Kamis, 13 Juni 2013

Learn, Practice, and Share (Erlita Rizky Damanyanti)

   
     Dalam blog saya kali ini akan mengulas mengenai pembelajaran-pembelajaran dari mata kuliah teknik wawancara. Tema pada hari pertama mengenai Industri dan Organisasi. Pada praktek hari pertama, saya merasa metode dasar dari teknik wawancara saya kurang sempurna. Kesalahan mungkin seperti draft pertanyaan yang jatuh, lupa menyalakan alat perekam di awal dan habisnya pertanyaan untuk klien, itu terjadi saat saya menjadi interviewer. Selain menjadi interviewer, saya juga menjadi klien dan observer. Saat menjadi klien mungkin terasa begitu mudah dan saat menjadi observer, saya dapat melihat kekurangan-kekurangan atau kelebihan dari interviewer dan hal tersebut dapat menjadi gambaran saya untuk menjadi lebih baik lagi selain didukung dengan metode-metode dasar dari teknik wawancara yang sudah diberikan dikelas. Kemudian pada hari kedua mengambil tema mengenai pendidikan. Pada hari kedua ini, saya mencoba untuk tidak mengulangi kesalahan yang terjadi pada hari kedua. Saya mengambil pelajaran dari hari pertama. Lalu pada hari terakhir praktek di lab, saya merasa sudah sempurna dalam metode-metode teknik wawancara setelah memahami kekurangan-kekurangan pada hari pertama dan kedua. Tidak terdapat kesulitan dalam menjadi seorang interviewer pada hari ketiga.
     Selain melakukan praktek di lab psikologi, saya beserta teman-teman sekelas mendapatkan tugas untuk melakukan praktek langsung ke panti-panti yang sudah ditentukan. Kebetulan saya mendapatkan dipanti social tresna werdha 2 didaerah cengkareng. Saya melakukan wawancara dengan seorang nenek yang sudah tidak mempunyai tempat tinggal. Saat melakukan wawancara saya mulai mengingat kembali metode-metode dasar dari teknik wawancara dan mulai mempraktekkannya. Tetapi kendalanya adalah terkadang nenek tersebut berbicara diluar dari yang saya inginkan. Lalu saya melakukan inquiry menanyakan pertanyaan tersebut sesuai dengan yang nenek tersebut mengerti.
     Dari praktek-praktek tersebut saya merasa metode-metode teknik wawancara sudah mulai terasah dengan sempurna. Dari setiap pembelajaran tersebut, akan menghasilkan hasil yang sempurna jika mengerti dasar-dasar yang sudah dipelajari yang didukung dengan praktek seperti yang telah saya lakukan. 
 
6 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar