Jumat, 14 Juni 2013

No More Stress (Melissa Magdalena)

Pernahkah anda mengalami keadaan stress?
Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami keadaan stress. Tahukah anda apa dampak stress? Sudah jadi pengetahuan umum bahwa stress yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Ada lagikah dampak lainnya?

Dari pengalaman saya sendiri, dampak stress bagi saya adalah …. Saat mengerjakan tugas kuliah yang kadang sampai larut malam…saya merasa bosan (tidak sadar kalau ini mungkin stress), saya akan berhenti mengerjakan tugas dan mencari makanan di lemari pendingin. Saya memilih makanan yang dingin untuk dimasukan ke mulut. Setelah itu saya akan lanjutkan lagi mengerjakan tugas. Pernahkan kalian seperti ini? hehehehe

Yang mungkin kita belum tahu atau belum sadar atau memang karena belum pernah mengalami, stress ternyata berakibat bagi kehidupan seksual seseorang. O.ow ada apa sebenarnya?
Salah satu kisah pada film yang ditayangkan kelas hari ini adalah seorang wanita, ibu rumah tangga dengan enam anak dan beberapa cucu dan juga seorang istri. Wanita ini bangun di pagi hari menyiapkan makanan pagi yang hangat untuk keluarga nya, mengantar anak ke sekolah. Saat anak ke sekolah, ia membereskan rumah. Ia juga harus pergi membeli kebutuhan rumah. Satu hari dipenuhi dengan kegiatan yang padat merayap. Saya sebagai penonton saja merasakan penat dan lelah atas kegiatan satu hari nya. Lalu apa hubungannya dengan kehidupan seksual?
Dengan kegiatan dia yang penuh, pastinya ia merasa lelah dan saat itu pula keinginan untuk berhubungan seksual menurun. Ia sudah menjalankan operasi pengangkatan rahim, ia merasa sudah tidak punya keinginan lagi untuk berhubungan seksual. Saat sedang melakukan hubungan seksual, ia merasa seperti dilecehkan.

Ada kisah lain yang juga dibahas pada film tersebut, jika anda ingin lebih jelas silakan ambil kelas Perilaku Seksual di semester depan.

Yang ingin saya sharing di sini dari film tersebut, bagaimana sebuah kata stress dapat begitu berpengaruh dalam kehidupan kita. Satu keadaan stress dapat mengacaukan keseluruhan hidup seseorang. Apa yang harusnya kita lakukan?
Saran saya, marilah kita latih untuk:
  • Cari penyebab kita merasa stress
  • Kenali, pahami dan cegah penyebab stress tersebut
  • Mempunyai support system terhadap keadaan stress
  • Think positively!
Contoh yang paling mudah adalah menjelang akhir semester semua mata kuliah mengantri untuk mendapat perhatian kita. Ini adalah kesempatan yang baik untuk melatih kepekaan kita terhadap kondisi stress dan mengatasi kondisi tersebut, Cepat atasi sebelum stress merusak hari mu!


29 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar