Kamis, 13 Juni 2013

Pengaplikasian Teknik Wawancara dalam Berbagai Bidang (Anastasia Salatang)

Wawancara memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai salah satu sumber pengumpulan data yang dapat berguna untuk memperjelas suatu tujuan yang ingin dicapai. Wawancara dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang dan memiliki peranan penting dalam bidang-bidang tersebut, misalnya saja pada tiga bidang umum yaitu pengaplikasian pada Indusrti dan Organisasi, Pendidikan, serta Klinis, wawancara memiliki peran yang sangat penting sebagai awal dalam suatu tujuan yang diinginkan masing-masing bidang. Dalam bidang Industri dan Organisasi, wawancara dapat digunakan sebagai langkah awal dalam menerima karyawan untuk berkerja di perusahaan, bukan hanya itu saja wawancara juga dapat digunakan untuk melihat kinerja seorang karyawan ataupun untuk memperjelas permasalahan yang sedang dihadapi karyawan di dalam pekerjaannya. Wawancara di bidang Industri dan Organisasi biasanya dilakukan dengan formal dan kaku.

Sedangkan pada bidang Pendidikan, wawancara dapat digunakan untuk penerimaan siswa baru, ataupun sebagai media pengumpulan data diri siswa yang ingin diketahui oleh guru secara langsung. Selain itu juga, wawancara dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh siswa atau untuk siswa yang memiliki perilaku yang kurang baik di lingkungan sekolah, sehingga setiap permasalahan yang dihadapi oleh siswa dapat dipahami guru. Wawancara di bidang pendidikan, biasanya dilakukan dengan santai dan tidak kaku, sehingga siswa tidak merasa seperti diinterogasikan oleh guru. Dalam bidang Klinis, wawancara sangat diperlukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh klien, sehingga memudahkan dalam mendiagnosa apa yang menjadi penyebab permasalahan klien. Pada bidang klinis wawancara dilakukan tanpa menggunakan pedoman wawancara, dan wawancara biasanya dilakukan dalam lingkungan formal, sehingga terlihat lebih kaku.

Wawancara dalam pengaplikasiannya lebih banyak yang bersifat formal dan kaku, untuk mendapatkan informasi dalam melengkapi data-data yang diinginkan guna memenuhi tujuan dari wawancara. Wawancara juga dapat diaplikasikan bukan hanya pada bidang pekerjaan saja tetapi juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan pelajaran dari nilai-nilai kehidupan yang belum diketahui sebelumnya. Pada saat mengunjungi salah satu panti, banyak nilai kehidupan yang sebelumnya tidak terfikirkan. Bagi orang-orang yang tinggal di panti, kebahagiaan itu adalah saat dapat berkumpul dengan keluarga, berada di tengah-tengah keluarga merupakan anugerah terindah yang tidak pernah disadari oleh kebanyakan orang yang setiap harinya tinggal bersama anggota keluarga. Keluarga memberikan kehangatan dan kebahagiaan yang tidak pernah bisa dibeli dan digantikan oleh apapun. Ucapan syukur yang dipandang kecil, tetapi memiliki makna yang besar atas semua kesempurnaan yang Tuhan berikan tidak seharusnya dianggap kecil. Melalui ucapan syukur banyak nikmat yang akan diperoleh, di dalam kekurangan seseorang dapat melakukan banyak hal yang berguna, karena selalu mengucapkan syukur. Bersyukurlah atas segala sesuatu yang dilakukan walaupun keci, karena indahnya nikmat bersyukur akan membuat hidup menjadi lebih bermakna.

5 Juni 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar