Minggu, 02 September 2012

Pengasuhan Orang Tua: Haruskah Mendidik dengan Menggunakan Kekerasan? (Claudia Deini Irawan)


Pengasuhan Orang Tua: Haruskah Mendidik Dengan Menggunakan Kekerasan?
Seringkali saya mendengar cerita-cerita baik dari nenek maupun orang-orang dilingkungan sekitar saya mengenai hukuman atau punishment sebagai "pelajaran" yang diberikan orang tua pada anaknya jika anaknya tersebut. Namun yang terdengar mengerikan bagi saya adalah bentuk dari hukuman tersebut, yaitu dikurung dikamar mandi dengan mata yang terkadang diolesi dengan bawang merah agar pedih ataupun dipukul dengan menggunakan ikat pinggang.
Menurut saya orang tua memang harus mendidik anaknya agar si anak tersebut tidak mengulangi dan jera dengan kelakuan tidak baiknya, namun seharusnya tidak menggunakan cara yang demikian karena itu sudah merupakan perilakukekerasan terhadap anak. Hukuman-hukuman tersebut pada beberapa kasus kemungkinan dapat menyebabkan si anak memiliki perasaan dendam terhadap orang tuanya, maupun menjadi takut dan tidak terbuka kepada orang tuanya karena takut akan dihukum dengan hukuman yang "menyakitkan" tersebut.
Sebaiknya orang tua tidak melakukan hal-hal tersebut dan merubah cara pengasuhannya menjadi lebih baik lagi dengan tidak menggunakan kekerasan didalamnya. Anak sebaiknya diberikan pengertian secara baik-baik, jikaa harus marah sebaiknya ya rasa marahnya dikontrol sehingga nantinya tidak menimbulkan perilaku-perilaku menghukum yang terdapat kekerasan didalamnya. Setuju? :)

31 Agustus 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar