Sabtu, 08 September 2012

Teknik Wawancara itu "sesuatu" (Anthonia Christy)



Ini adalah tulisan pertama saya di blog, saat ini saya memasuki semester 7 dan mengambil mata kuliah teknik wawancara. Mungkin sebagian orang termasuk saya menganggap wawancara itu hal yang mudah untuk dilakukan, misalnya : membawakan acara talk show, berita, dll.  Namun setelah saya belajar dengan Ibu Henny selama 2 pertemuan di mata kuliah teknik wawancara ternyata sebaliknya tidak semudah yang kita kira. Beliau mengajarkan bagaimana menjadi pewawancara yang baik, berkompeten, serta, etika, bias, kelebihan dan kekurangan wawancara. Hal yang pertama untuk mencapai tujuan wawancara yaitu mempunyai awareness, karena tidak semua orang itu bisa bersikap aware terhadap seseorang apalagi pengalaman pewawancara hanya sedikit, yang kedua adalah knowledge karena dengan mengembangkan pengetahuan  kita dapat mengetahui informasi-informasi yang baru, bukan hanya knowlege yang dibutuhkan skills juga diperlukan dalam teknik wawancara ini. Beliau juga mengajarkan menjadi pewawancara yang baik harus memperhatikan, mengerti dan memahani RESPECTFUL MODEL ( Multikultural Competence). Bias juga bisa terjadi dalam melakukan wawancara, misalnya : hallo effect, jika dari awal kita sudah tidak suka dengan subyek, sekalipun subyek melakukan hal baik, maka akan selalu terlihat tidak baik di mata kita, primacy bias adalah kita merasa tidak percaya diri jika orang yang kita wawancara ialah miss universe, lulusan doktor, dan lain-lain. Beliau juga memberitahu kelebihan dan kelemahan dari teknik wawancara, yaitu dapat menggali informasi lebih dalam, alat yang diperlukan juga simple misalnya : recorder, dan alat tulis lainnya. Kekurangannya dalam wawancara adalah klien bisa dapat memberikan jawaban yang tidak sebenarnya, dan dengan diberikannya tugas wawancara dengan psikolog, saya lebih bisa mempraktekkan teknik-teknik yang sudah diajarkan oleh ibu Henny. Sehingga saya tidak hanya mendapatkan pengetahuan tapi juga bisa belajar mempraktekkannya. Dengan begitu menurut saya teknik wawancara itu “sesuatu” artinya kelihatannya wawancara itu mudah namun tidak semua orang bisa menjadi pewawancara yang baik dan sesuai dengan teknik-teknik yang diajarkan.

5 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar