Sabtu, 08 September 2012

Pengalaman yang Didapat pada saat Wawancara (Indah Dwi Wahyuni)


Pengalaman yang Didapat pada saat Wawancara

Hallo semuanya..
     Dalam blog ini, saya akan mencoba berbagi pengalaman saya dengan kalian tentang pengalaman saya pada saat saya melakukan wawancara pada saat saya mengerjakan tugas yang diberikan.
     Untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam, kita harus menguasai teknik wawancara dengan baik. Agar mendapatkan informasi yang sesuai dengan keinginan kita. Teknik wawancara adalah proses paling dasar untuk mengumpulkan informasi, penyelesaian masalah dan informasi psikososial.
     Pada saat wawancara, saya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah saya mendapatkan informasi yang lebih dalam, dapat menghemat waktu, alat yang digunakan tidak banyak hanya type recorder, pulpen dan kertas. Kekurangannya saat saya melakukan wawancara adalah saya merasa masih kurang baik dalam melakukan wawancara. Banyak teknik dalam wawancara yang masih belum saya kuasai. Saya sering melakukan kesalahan dan bias-bias yang tidak sengaja saya lakukan. Saya sering mengarahkan jawaban kepada subyek. Saya juga masih belum dapat mengeksplorasikan jawaban dari subyek secara mendalam.
     Dalam melakukan wawancara, saya juga masih kurang percaya diri dalam mewawancarai subyek. Terlebih lagi, apabila subyek lebih mempunyai wawasan yang lebih luas dari saya. Dari ketidakpercayaan saya itu, saya sering merasa jantung saya berdetak dengan cepat dan keringat saya keluar lebih banyak dari biasanya saat saya mewawancarai subyek.
     Dalam melakukan wawancara, saya juga merasa masih kurang membina rapport dengan baik dengan subyek. Terkadang suasana masih terasa kaku dan tidak cair. Untuk mencairkannya saya masih belum mengerti dan menguasai agar suasana saat wawancara terasa nyaman.
     Oleh karena itu, dengan mengambil mata kuliah teknik wawancara ini, saya berharap saya dapat menguasai teknik wawancara dengan baik. Dan dapat menghilangkan bias-bias yang saya lakukan pada saat saya melakukan wawancara.

5 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar