Jumat, 07 September 2012

Apa Itu Wawancara? (Wiliam Kosasie)


     Dalam kegiatan sehari-hari, sering kali kita mendengar kata "wawancara", "mewawancarai", "diwawancarai". Saat kita melihat prosesnya, kok kelihatannya hanya seperti obrol-obrol biasa dengan menggunakan bahasa yang tingkatan lebih tinggi, jadi apa sih yang dimaksud dengan wawancara? Nah, wawancara adalah salah satu metode untuk mendapatkan informasi melalui pertanyaan dan jawaban. Wawancara itu sendiri merupakan metode yang sangat penting untuk kita latih dan kuasi, karena sangat berguna dalam berbagai profesi, tidak hanya psikologi. Demikian, mengapa kemampuan wawancara itu sangat penting? Dalam wawancara, kita dapat bertanya mengenai detil-detil informasi yang ingin kita ketahui, semakin jeli dan peka kita, semakin dalam juga informasi yang kita dapatkan dari subyek.

     Dalam melakukan wawancara, cukup banyak hal-hal yang perlu diperhatikan misalnya, tata krama bahasa, empati pada subyek, panca indera yang peka terhadap pada intonasi suara, bahasa non-verbal subyek dsb. wawancara pun sebaiknya dilakukan secara pribadi, terlebih pada kasus-kasus tertentu yang bersifat privasi. Intinya, dalam ber-wawancara, kita berfokus untuk mengerti dan ber-empati pada posisi subyek dan tidak mengeksploitasinya, sebab tanpa harus melihat dari kode etik profesi pun jelas itu merupakan perbuatan yang tidak manusiawi.

     Melalui pendalam tentang teknik wawancara. Saya menyadari bahwa masih banyak yang harus saya pelajari untuk dapat melakukan wawancara dengan baik. Sebab, ketika menjalankan tugas-tugas wawancara, masih banyak bias yang terjadi setelah ditinjau kembali hasil wawancara tersebut. Dengan mendalami teknik wawancara ini, saya ingin dapat melakukan wawancara dengan lebih baik lagi dan dapat lebih memahami posisi subyek yang telah bersedia memberikan waktu dan kesempatan kepada saya untuk melakukan wawancara. Demikian sekilas mengenai wawancara berdasarkan pengetahuan yang saya miliki saat ini, sekian dan terima kasih.

2 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar