Minggu, 28 Oktober 2012

Wanita Harus Tahu (Anita Lusiana)


Wanita Harus Tahu

Tahukah Anda mengenai kanker serviks? Kanker serviks memiliki sebutan silent killer. Mengapa demikian? Ini karena kanker serviks sulit dideteksi  sejak awal. Di dunia ini kanker serviks menempati urutan ke tiga di dunia. Penyakit ini tidak memandang buluh antara anak yang masih muda atau para orang tua sekalipun, bahkan antara orang yang berpenghasilan tinggi atau yang berpenghasilan rendah. Semua bisa saja terkena penyakit mematikan ini. Akan tetapi anehnya, pada jaman dulu, penyakit ini jarang di temukan. Jarang sekali ada wanita yang terkena penyakit ini, namun lambat laun penyakit ini merajalela di dunia, bahkan di Indonesia.
Seperti yang telah diketahui sebagian orang pada umumnya, penyebab utama kanker serviks adalah karena infeksi yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV atau virus papiloma manusia). Sel kanker ini berkembang dari serviks / mulut rahim yang letaknya berada di bawah rahim dan di atas vagina, seperti yang telah dijelaskan kelompok siang itu.  Oleh sebab itu kanker serviks disebut juga kanker leher rahim atau kanker mulut rahim. Seseorang yang terinfeksi HPV dan tidak segera sembuh, maka sistem imun yang ada di dalam tubuhnya lamban laun akan mulai lemah, sehingga kanker ganas pun dapat mengintai kita di depan mata.
Tidak hanya itu, sekarang juga marak penyakit dengan nama lupus atau biasa dikenal dengan penyakit seribu wajah. Penyebabnya adalah karena kelebihan antibodi yang tidak berfungsi dengan sempurna, yang membuat antibodi itu sendiri menyerang balik sistem kekebalan tubuh dan jaringan-jaringan yang ada, sehingga bagi yang menderita penyakit tersebut akan mengalami ruam-ruam pada wajah. Orang yang menderita penyakit lupus juga tidak boleh terkena sinar matahari langsung, karena keadaan demikian akan membuat tubuh serta mukanya menjadi lebih parah. Akan tetapi, orang yang di vonis menderita penyakit lupus ini akan dapat bertahan selama 15-20 tahun dengan menjalani terapi.
Penyakit-penyakit tersebut menyerang lebih banyak pada wanita, yang umumnya adalah wanita remaja dan produktif. Maka dari itu, wanita haruslah hidup sehat, untuk menghindari kanker serviks,  sebaiknya jangan sembarangan menggunakan toilet umum yang kebersihannya kita tidak tahu menahu. Kita juga harus menjaga daerah kewanitaan agar tetap bersih dan sehat. Sementara untuk lupus sendiri, sebaiknya orang jangan terlalu stress terhadap lingkungannya. Faktor-faktor lingkungan dan virus akan membentuk suatu infeksi yang  sangat berperan dalam penyebab penyakit ini.
Untuk orang-orang yang menderita penyakit ini, ingatlah kalian tidak sendiri. Sangat besar harapan kalian untuk sembuh. Jangan juga menyerah pada suatu keadaan, yang biasa kita sebut "sakit".

26 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar