Senin, 01 Oktober 2012

Stop Pelecehan Seksual !! (Priska Aprilla)


   Wanita masa kini memang sudah mendapat lebih banyak kesempatan untuk bekerja, mengembangkan kemampuan serta karir mereka, dibandingkan dengan para wanita pada zaman dahulu. Akan tetapi, hal tersebut dalam kenyataannya tidak dapat menunjukkan bahwa diskriminasi gender bahkan perendahan terhadap wanita sudah tidak lagi terjadi. Berbagai bentuk pelecehan terhadap wanita masih sering ditemukan, bahkan dalam bentuk pelecehan seksual yang terjadi di tempat kerja.
     Pada tahun 2010, sebuah survei yang dilakukan oleh Reuters dan Ipsos Global Advisory terhadap 22 negara mengungkapkan, satu dari 10 pekerja merasa mengalami pelecehan seksual dari atasannya. Dari sejumlah penelitian lain, terlihat pula bahwa tingkat pelecehan seksual di negara-negara Asia Pasifik mencapai 30-40 persen dari masalah ketenagakerjaan. Di Indonesia sendiri, belum ada data atau hasil penelitian yang representatif tentang tingkat pelecehan seksual di tempat kerja. Namun dapat dipastikan bahwa masalah ini ada, khususnya di tempat-tempat kerja yang memiliki pekerja perempuan dalam jumlah besar.
     Korbannya bisa siapa saja, dan di jenis tempat kerja apa saja, entah itu di perkantoran, pabrik, perkebunan, perusahaan besar maupun kecil. Sebagian besar kasus cenderung tidak dilaporkan karena korban merasa malu, tidak berdaya, takut kehilangan pekerjaan, atau perusahaan yang bersangkutan menutupinya demi citra lembaga. Bahkan, kasus yang sudah dilaporkan pun bisa saja ditarik kembali oleh si korban, karena adanya ancaman-ancaman dari pelaku.
     Pernahkan Anda mengalami pelecehan seksual dari rekan sekerja? Mungkin melalui ucapannya dalam bentuk lelucon yang menyinggung masalah seks, memandangi Anda dengan menatap bagian tubuh tertentu, atau menyentuh bagian tubuh tertentu, atau berbagai bentuk pelecehan seksual lainnya? Sebagai wanita kita harus bertindak tegas, terutama apabila menyinggung masalah harga diri. Jangan hanya diam atau merasa takut untuk melaporkan, karena akan membuat pelaku merasa kita tidak keberatan diperlakukan seperti itu. Selain itu berpakaianlah yang sopan dan menjaga perilaku, karena jika Anda tidak menghargai diri sendiri bagaimana dengan orang lain? Semoga pelecehan seksual di tempat kerja maupun di tempat lainnya dapat dihentikan dan tidak lagi terjadi…..

30 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar