Minggu, 28 Oktober 2012

Sehat itu Mudah (Gisela Aliyansari)


Sehat itu Mudah
     Di telinga masyarakat awam sudah tidak asing lagi jika mendengar bahwa seseorang terkena kanker. Salah satu kanker yang paling banyak membunuh wanita adalah kanker serviks. Awalnya kanker serviks  berkembang dari serviks/mulut rahim yang letaknya berada di bawah rahim dan di atas vagina. Oleh sebab itu kanker serviks disebut juga kanker leher rahim atau kanker mulut rahim. Penyebab dari kanker serviks adalah  Human Papilloma Virus (HPV). Masyarakat Indonesia pada khususnya perempuan sering kali tidak menyadari bahwa dirinya telah terjangkit kanker, mereka akan ke dokter jika kanker yang mereka alami sudah menganggu aktivitas mereka. Karenanya kanker yang terdeteksi oleh dokter sudah mencapai stadium akhir dan sudah sulit untuk ditangani. Padahal jika kanker terdeteksi sedini mungkin kemungkinan untuk bertahan hidup lebih tinggi.


     Salah satu penyakit yang banyak dialami oleh wanita adalah "Lupus". Arti kata lupus sendiri dalam bahasa Latin berarti "anjing hutan". Awalnya penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung atau pipi. Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan, rambut rontok, persendiaan kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada dalam tubuh. Tubuh memiliki kekebalan untuk menyerang penyakit dan menjaga tetap sehat. namun, dlaam penyakit ini kekebalan tubuh justru menyerang penyakit dan menjaga agar tetap sehat. Penyakit lupus diduga berkaitan dengan sistem imunologi yang berlebih. Dalam tubuh seseorang terdapat antibodi yang berfungsi menyerang sumber penyakit yang akan masuk dalam tubuh. Pada penyakit lupus, antibodi yang terbentuk dalam tubuh muncul berlebihan. Hasilnya, antibodi justru menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat. Kejalainan ini disebut autoimunitas.

     Menurut presentasi minggu kemarin, kanker serviks dan lupus adalah penyebab terbanyak wanita meninggal. Sebagai wanita khususnya kita harus pandai-pandai merawat diri agar kuman ataupun virus penyakit tidak menghampiri. Kanker dan lupus bukanlah seperti penyakit maag yang telah kita ketahui penyebabnya dan dapat dicegah dengan makan secara teratur. Tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan dengan tidak membahyakan diri sendiri, maksudnya jangan terlalu banyak makan junkfood, tidak merokok, menjaga kebersihan, terlebih kebersihan organ intim, tidak minum minuman keras, menjaga pola makan, dsb. Jika pola hidup kita sehat maka penyakit pun akan jarang menghampiri diri kita.
 
     Sebenarnya kunci dari sebuah kesehatan adalah kesadaran diri. Sebagai wanita, kita harus dapat menyadari apa yang terjadi pada diri kita sendiri. Jika muncul tanda-tanda yang tidak biasa atau tidak wajar, kita harus segera mengkonsultasikan diri ke dokter, jangan diabaikan. Banyak wanita beranggapan bahwa tanda-tanda yang tidak biasa akan hilang dengan sendirinya, padahal hal tersebut sama sekali tidak benar. Lebih baik mencegah daripada mengobati, sedia payung sebelum hujan kan, tidak masalah keluar uang untuk memerikasa kesehatan. Daripada harus keluar uang lebih banyak jika kita terdeteksi penyakit.

24 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar