Rabu, 31 Oktober 2012

KEJUJURAN (Widiyam 705120009)


KEJUJURAN
     Kejujuran merupakan salah satu nilai moral yang memiliki dampak besar bagi kehidupan sosial para tiap individu sebelum membahas lebih jauh.Mari melihat apa pengertian dari kejujuran.”Pengertian yang paling sederhana adalah tidak menyangkal,kejujuran memiliki tiga unsur utama yaitu kebenaran,kebaikan dan kegunaan.Jadi definisi kejujuran adalah jika apa yang anda beritahukan adalah benar,baik dan berguna” ( ”Pengertian Kejujuran,” 2012).
    Kejujuran memiliki manfaat yang berguna dalam kehidupan sosial maupun sebagai identitas diri individu.Berikut beberapa manfaat kita berbicara jujur: (a) tak akan ada rasa khawatir ataupun rasa bersalah,(b) dengan berkata jujur kita dapat dipercaya orang,(c) orang-orang di sekitar akan merasa kita dapat dipercaya, dan (d) memiliki nama baik dan menjadi pedoman bagi banyak orang (Sunaryo, 2012).
    Walaupun kejujuran memiliki banyak manfaat namun banyak individu yang masih sering berbohong yang akhirnya membawa hal-hal negatif kepada dirinya sendiri sebagai berikut: (a)menyebabkan kecanduan,(b) berbohong itu menyiksa diri,(c) berbohong bisa menghilangkan kepercayaan orang lain,dan (d) berbohong itu bisa menghalangi rejeki (“Efek Negatif Berbohong”, 2011).
    Sikap ketidakjujuran memiliki beberapa akar masalah yang menghambat individu untuk belajar bersikap jujur.Faktor-faktor penyebab eksternal individu adalah (a) kondisi lingkungan di keluarga yang kurang harmonis,dan (b) kurangnya selektif dalam pemilihan teman sebaya.Selain faktor ekstenal ada juga faktor internal yang mempengaruhi sikap ketidakjujuran seperti: (a) kurang memiliki rasa tanggung jawab,(b) sering merasa tertekan,dan (c) kurang memiliki kesadaran taat beragama (“Penyebab Anak Berbohong dan Solusinya”, 2012) .
     Pentingnya penanaman nilai kejujuran karena sudah jelas bahwa akar dari permasalahan negeri ini terletak pada krisis kejujuran seperti korupsi yang dilakukan oleh beberapa oknum pemerintahan.Jadi sangat penting penanaman nilai kejujuran tiap individu untuk ditanam sejak dini. Aspek yang berperan penting adalah dari keluarga.Dengan ditanam nya nilai kejujuran indvidu sejak dini melalui orang tua nya,individu  diharapkan dapat menerapkan sifat kejujuran dalam kehidupan sehari-harinya.Pendidikan juga menjadi salah satu aspek utama dalam penanaman nilai kejujuran.Beberapa upaya dalam progam pendidikan yang menunjang dalam penanaman nilai kejujuran seperti: (a) kantin kejujuran, (b) menyeimbangkan aspek hukuman dan penghargaan,dan (c) evaluasi hasil proses belajar (Mulyadi, 2011) .

Daftar Pustaka:                                                        
Efek negatif berbohong. (2011). Diunduh dari http://edukasi.kompasiana.com/2011/05/26/efek-negatif-berbohong.
Mulyadi, A. (nd). Penanaman nilai kejujuran dalam pendidikan. Diunduh dari http://alfairuzy.blogspot.com/2012/04/penanaman-nilai-nilai-kejujuran-dalam.html.
Penyebab anak berbohong dan solusinya. (2012). Diunduh dari http://mahmud09-kumpulanmakalah.blogspot.com/2012/07/penyebab-anak-berbohong-dan-solusinya.html.
Sunaryo, K. (2012). Manfaat kejujuran. Diunduh dari http://wartatnh.blogspot.com/2012/04/manfaat-kejujuran.html.

23 Oktober 2012

1 komentar: