Senin, 29 Oktober 2012

Healthy is precious (Ruth Kurnia Wulan)


     Kesehatan merupakan hal penting bagi semua orang dan sehat itu tidak mudah didapatkan, kita butuh pola hidup yang baik dan pola makan yang seimbang untuk menjaga tubuh agar tidak sakit. Menjaga kesehatan juga didukung oleh usaha kita dalam menjaga kebersihan badan kita khususnya bagi perempuan. Tubuh bagi wanita merupakan bagian terpenting dan membutuhkan perawatan yang baik dan teratur untuk menjaga tubuh agar tetap terlihat baik dan menarik.
     Lingkungan pergaulan dan sikap kita juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Pergaulan bebas dan seks bebas yang saat ini menjadi tren pergaulan anak muda saat ini menjadi salah satu penyebab utama kesehatan kita terganggu. Seks bebas yang banyak dilakukan oleh anak muda dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kelamin. Penyakit kelamin ini tidak hanya dialami oleh laki-laki maupun perempuan saja tetapi oleh keduanya. Salah satu penyakit kelamin yang saat ini mulai banyak dialami oleh wanita khususnya adalah kanker serviks. Kanker serviks bukanlah penyakit yang mudah disembuhkan jika sudah parah. Jika kita sebagai perempuan dapat lebih aware dengan kesehatan kita maka kita dapat menjaga setiap perilaku kita dan dapat mendeteksi dari sekarang tanda-tanda dari penyakit tersebut.
     Kanker serviks ini disebabkan oleh virus yang menyerang leher rahim perempuan. Hal ini disebabkan oleh hubungan seks yang tidak sehat, berhubungan secara bebas dengan siapa saja, dapat juga terjadi karena tidak menjaga kebersihan organ intim dengan baik. Tanda-tanda yang dapat dilihat adalah keputihan yang berangsur-angsur, cairan keputihan yang berwarna kekuningan atau bahkan kehijauan dan berbau, sakit atau nyeri pada bagian pinggul, dan pendarahan yang tidak normal pada saat berhubungan. Kanker ini tidak menular tetapi virus HPV penyebab kanker ini yang dapat menularkan penyakit jika ada kontak seksual dengan orang lain. Biasanya kanker ini menyerang perempuan usia muda, seperti remaja. Kanker ini dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan melakukan vaksinasi HPV.
     Kesadaran untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh dimulai dari diri sendiri. Jika kita sudah memiliki kesadaran untuk menjaga tubuh kita dengan baik maka kita tidak akan melakukan hal-hal yang dapat merusak tubuh kita.

"ONE OUNCE OF PREVENT IS EQUAL TO ONE POUND OF MEDICINE"

24 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar