Minggu, 28 Oktober 2012

Wanita Bekerja (Maulidhya Pramono)


Setiap manusia memiliki dorongan masing-masing untuk mengaktualisasikan dirinya. Pada perkembangan zaman seperti saat ini, manusia tidak lagi hanya sekedar bertahan hidup namun juga ingin memiliki hidup yang layak. Untuk itu manusia bekerja dan melakukan berbagai usaha agar dapat berkembang di lingkungan sosialnya.
     Dengan bertambahnya tekanan modernisasi pada manusia, wanita sudah mulai mengambil peranan sebagai salah satu bagian dari perekonomian. Dahulu wanita hanya berperan sebagai ibu rumah tangga yang bertugas merawat keluarga dan anak. Namun, saat ini wanita memiliki pilihan untuk membantu ekonomi keluarga atau bahkan mengaktualisasikan dirinya dengan berkerja hingga memiliki karir yang mapan.
     Wanita dapat mengerjakan pekerjaan yang didominasi oleh pria dan mampu melaksanakannnya dengan baik. Di rumah mereka dituntut untuk memainkan peran sebagai ibu rumah tangga yang baik namun di tempat kerjannya mereka diharapkan menjadi pekerja yang aktif dan tahu bagaimana harus menjaga diri mereka sendiri. Kesempatan bekerja pada wanita merupakan hal yang menjadi hak dari wanita tersebut. Di dunia kerja, perempuan menjadi terisolasikan sedemikian rupa sehingga kebanyakan perempuan hanya bekerja dengan sesama perempuan. Hanya sedikit perempuan yang dapat memasuki wilayah kerja yang didominasi oleh laki-laki. Satpam, pilot, atau kuli pemecah batu mungkin bukan pekerjaan yang lazim di lakukan oleh wanita, namun dengan berbagai macam alasan ternyata wanita mampu menjalani pekerjaan yang menantang bahaya tersebut. Ini membuktikan bahwa wanita sesungguhnya wanita bukan makhluk yang lemah serta dapat berdiri di atas kakinya sendiri.

2 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar