Minggu, 28 Oktober 2012

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati (Priska Aprilla)


     Mungkin telinga kita sudah tidak asing mendengar sebuah penyakit yang bernama kanker serviks, atau kanker pada leher rahim. Kanker serviks (kanker leher rahim) adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal pada leher rahim. Kanker serviks merupakan kanker yang sering dijumpai di Indonesia baik di antara kanker pada perempuan dan pada semua jenis kanker. Menurut WHO, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks yang tertinggi di dunia.  Menurut data yang saya temukan, kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV).
     Penyakit ini begitu berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Salah satu penyebab penyakit ini sangat berbahaya adalah penyakit ini muncul seperti musuh dalam selimut, dengan kata lain sulit dideteksi hingga penyakit telah mencapai stadium lanjut. Lebih dari 70% penderita datang memeriksakan diri dalam stadium lanjut, sehingga banyak menyebabkan kematian karena terlambat ditemukan dan diobati. Hal ini sangat memprihatinkan, mengingat banyaknya wanita yang terkena penyakit kanker serviks, dan tidak dapat diselamatkan.
     Hal tersebut seharusnya membuka mata setiap kita, di mana kesehatan sangatlah mahal harganya dan begitu berarti. Jika saat ini kita dalam keadaan yang sehat, bersyukurlah dan jaga kesehatan itu dengan sebaik-baiknya, bukan menjalani pola hidup yang seenaknya. Lalu apakah yang dapat kita lakukan untuk mencegah kanker serviks? Berikut tips-tips sederhana yang mungkin dapat dilakukan sebagai pencegahan:
Konsumsi makanan bergizi, seperti sayuran, dan buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin A, C, dan E, serta asam folat.
Jika menggunakan toilet umum, usahakan agar jangan duduk mengenai kloset.
Jangan membersihkan genital dengan air kotor, atau menggunakan tissue dan pembalut yang mengandung pemutih.
Hindari melakukan hubungan seks dengan berganti-ganti pasangan, atau banyak pasangan, karena HPV dapat menular melalui hubungan seksual.
Hindari merokok. Ada penelitian di mana racun-racun yang dikandung rokok dapat menyebabkan kanker.
Rutin melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi kanker serviks secara dini.
Lakukan vaksinasi untuk memberi kekebalan tubuh terhadap virus yang dapat menyebabkan kanker serviks.

     Semoga tips di atas bermanfaat dan semoga kita semua dapat lebih menghargai kesehatan dan kehidupan yang diberikan kepada kita..

23 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar