Senin, 01 Oktober 2012

Be Careful, Life is Cruel (Aska Dzumalin)


     Pada zaman sekarang, banyak kejahatan yang dapat terjadi di sekitar kita, kapan pun, di manapun, dan kepada siapapun. Salah satu kejahatan yang sering dialami para perempuan adalah pelecehan seksual.
     Pelecehan seksual sering kali kita dengar tapi masalah tersebut kurang mendapat perhatian yang layak dari masyarakat umum. Katakan saja, “kasus pemerkosaan saja banyak yang tidak selesai, apa lagi kasus pelecehan seksual”. Hal ini membuat saya sebagai perempuan sadar bahwa kita harus dapat menjaga diri sendiri dan membawa diri dengan baik. Kaum perempuan jangan hanya mengandalkan penjagaan dari kaum pria, karena untuk masalah pemerkosaan dan pelecehan seksual dilakukan oleh pria kepada perempuan.
     Banyak orang mengatakan bahwa salah satu penyebab pelecehan seksual adalah bersumber dari perempuan tersebut karena mungkin dari segi pakaian, perilaku, dan lain sebagainya. Saya sangat tidak setuju dengan hal tersebut karena menurut saya, seorang perempuan yang telah berpakaian rapih atau bahkan menutup aurat dengan kerudung, juga tidak menutup kemungkinan untuk terkena pelecehan seksual dan bahkan pemerkosaan. Walaupun memang ada perempuan-perempuan yang bertingkah laku kurang pantas sehingga menjadi stimulus untuk para pria melakukan pelecehan tersebut.
     Saya pernah menonton film tentang hukum pro bono, di film tersebut diceritakan bahwa seorang perempuan mendapat pelecehan seksual dari bosnya, dan perempuan itu menolak untuk berhubungan seksual walaupun ia tahu bosnya akan memecat dirinya jika menolak ajakan tersebut. Saat ia dipecat, ia juga tidak dapat melamar pekerjaan ke perusahaan lain karena bosnya telah mencemarkan nama baik perempuan tersebut ke perusahaan-perusahaan lain, sehingga ia selalu ditolak oleh perusahaan lain.
     Begitu kejamnya dunia pekerjaan untuk para perempuan yang didominasi oleh kekuasaan para pria sebagai atasan mereka. Jadi hendaknya perempuan-perempuan harus lebih berhati-hati untuk melamar pekerjaan disuatu perusahaan. Sebelum melamar pekerjaan, sebaiknya kita mencari tahu latar belakang tempat kerja yang kita inginkan. Dan janganlah menghalalkan segala cara untuk mencapai suatu posisi yang dituju, termasuk menjual diri pada atasan.

29 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar