Minggu, 28 Oktober 2012

Pekerjaan Terbaik Untukmu...(Kusbandiyah Chandrawati)


Bekerja...
Jika mendengar kata tersebut, pada umumnya yang terlintas dalam pikiran pasti adalah seorang laki-laki yang bekerja untuk mencari nafkah. Namun, coba bayangkan apa yang terjadi jika semua lowongan pekerjaan hanya ditujukan kepada laki-laki? Apa jadinya dunia ini jika semua pekerjaan di luar rumah hanya dikerjakan oleh laki-laki? Pastinya dunia ini akan menjadi kacau...

Seharusnya untuk mencapai suatu kesuksesan perusahaan diperlukan kerjasama yang baik antara laki-laki dan perempuan. Mengapa? Karena bagaimanapun dalam beberapa pekerjaan tertentu diperlukan spesifikasi khusus pula.  Sebagai contoh, pekerjaan yang memerlukan kekuatan fisik, seperti satpam maupun pekerjaan yang menuntut seseorang untuk selalu pergi dinas di luar kota. Tentunya pekerjaan tersebut akan lebih baik jika dilakukan oleh laki-laki. Namun, jika pekerjaan yang menuntut adanya kesabaran dan ketelitian, seperti kasir atau accounting, tentunya akan jauh lebih baik jika dikerjakan oleh perempuan.

Meskipun demikian, namun yang masih sering kita dengar adalah bahwa seorang laki-laki lah yang seharusnya bekerja mencari nafkah, dan perempuan hanya bekerja mengurusi rumah tangga. Padahal, baik laki-laki maupun perempuan mempunyai hak yang sama untuk bekerja, terlebih lagi bagi perempuan yang tidak ingin menikah. Mereka tentu harus bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri di kemudian hari.

Tidak semua pekerjaan dapat dilakukan oleh laki-laki, begitu juga sebaliknya, tidak semua pekerjaan dapat dilakukan oleh perempuan. Sebagai contoh pekerjaan sebagai satpam, meskipun pekerjaan tersebut lebih dominan untuk laki-laki, namun ternyata ada juga perempuan yang bekerja sebagai satpam. Meskipun demikian, tentunya satpam laki-laki tetap diperlukan. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga keamanan satpam perempuan itu sendiri.

Menurut penulis, meskipun perempuan dapat bekerja seperti laki-laki, namun ada baiknya jika perempuan bekerja selayaknya seperti perempuan. Seperti pekerjaan sebagai satpam, supir bus, dan pekerjaan lain yang menuntut adanya kekuatan fisik, meskipun perempuan dapat melakukan pekerjaan tersebut, namun mungkin akan lebih baik jika dilakukan oleh laki-laki. Pekerjaan yang baik untuk perempuan adalah pekerjaan yang tidak terlalu menggunakan kekuatan fisik, atau mungkin pekerjaan yang lebih sering berada di dalam ruangan, contohnya kasir, sekretaris, accounting, dan lainnya.

Oleh sebab itu, perhatikanlah pekerjaan apa yang cocok dan merupakan yang terbaik untukmu. Sesuaikanlah dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan sampai pekerjaan tersebut menjadi beban untuk dirimu sendiri.

2 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar