Senin, 29 Oktober 2012

Wanita dan Kesadaran akan Penyakitnya (Dini Puspita Ayati Sofyan)


Wanita dan Kesadaran akan Penyakitnya

Masalah kesehatan pada wanita dapat dikatakan cukup banyak. Namun, banyak pula dari wanita yang tidak memperdulikan kesehatan mereka dengan kurang menjaga kesehatannya. Seharusnya, wanita menjaga kesehatannya dengan pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, serta menjaga kebersihan dirinya. Wanita pada saat ini banyak yang memiliki kesibukan yang cukup padat, sehingga membuat para wanita sering mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food) yang jelas sangat berbahaya bagi kesehatan.
Tidak hanya itu, banyak wanita yang malas berolahraga, padahal olahraga sangat membantu untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Dan yang terpenting adalah masalah kebersihan. Tidak hanya kebersihan lingkungan saja yang harus diperhatikan oleh wanita, kebersihan organ kewanitaan pun tetap harus dijaga kebersihannya.
Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita kaum wanita. Human Papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab dari kanker serviks. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.
Kanker serviks dapat dicegah dengan berbagai cara, misalnya menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi, selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan, hindari pembersihan bagian genital dengan air yang kotor, berhenti merokok, hindari berhubungan intim saat usia dini, untuk wanita yang belum pernah melakukan hubungan intim ada baiknya melakukan vaksinasi HPV, dan untuk wanita yang telah aktif melakukan hubungan intim lakukanlah pap smear minimal 2 tahun sekali.
Menurut saya, beberapa cara pencegahan kanker serviks di atas tidak sulit untuk dilakukan. Maka untuk para wanita, cobalah mulai melakukan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, olahraga yang teratur, serta menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan organ kewanitaan. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati?

28 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar