Minggu, 28 Oktober 2012

Pelecehan Seksual Pada Wanita di Tempat Kerja (Dini Puspita Ayati Sofyan)


     Pelecehan seksual pada wanita di tempat kerja merupakan suatu tindakan melecehkan yang diarahkan ke arah seksual pada wanita yang merugikan wanita tersebut yang terjadi di tempat kerja. Pelecehan seksual biasanya ditujukan kepada wanita, meskipun tidak menutup kemungkinan pelecehan seksual juga ditujukan pada kaum pria. Tetapi, sebenarnya apakah yang menyebabkan timbulnya tidakan pelecehan seksual di tempat kerja?
     Pada zaman modern seperti sekarang ini, banyak wanita yang menggunakan pakaian yang sangat minim agar terlihat lebih cantik dan seksi. Dengan menggunakan kemeja ketat dengan membuka kancing sehingga memperlihatkan dada wanita sampai menggunakan rok ketat di atas lutut, hal tersebutlah yang biasanya memicu adanya tindak pelecehan seksual pada wanita di tempat kerja. Tidak hanya itu, para wanita di tempat kerja juga banyak yang berbicara dengan suara yang mendesah dan menggoda yang membuat rekan-rekan kerjanya pun akhirnya melakukan tindak pelecehan seksual padanya.
     Wanita di tempat kerja juga harus memiliki pendirian yang kuat. Karena di lingkungan kerja, tidak sedikit wanita akan diiming-imingi dengan kenaikan gaji atau kenaikan pangkat dengan syarat adanya suatu tindakan yang berhubungan dengan seksual. Karena dari hal tersebut juga dapat memicu tindak pelecehan seksual yang jelas akan merugikan wanita
     Pelecehan seksual pada wanita memang sulit dihindari dan juga dapat terjadi pada wanita yang sopan dan tidak berpakaian minim ke tempat kerja. Tetapi, banyak dari korban pelecehan seksual pada wanita di tempat kerja diakibatkan dari cara berpakaian wanita tersebut. Karena dari cara berpakaian yang minim, secara tidak langsung wanita tersebut telah mengundang lingkungannya untuk berpikir negatif mengenai dirinya dan mengundang tindak kejahatan seperti pelecehan seksual agar datang menghampirinya.
     Dari hal-hal tersebutlah pelecehan seksual yang bersifat fisik, verbal, dan visual dapat terjadi. Maka dari itu untuk para wanita, jika tidak ingin mendapatkan tindak perilaku seksual, mulailah dari diri sendiri. Mulailah sopan dalam berpakaian dan bertutur kata. Selain itu wanita juga harus memiliki pendirian yang kuat agar tidak mudah tergoda dengan bujuk rayu yang terjadi di tempat kerja. Karena hal-hal tersebut dapat meminimalisir kemungkinan pelecehan seksual terjadi pada wanita.

14 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar