Rabu, 31 Oktober 2012

Plagiat (Yohanes 7050120119)


     Halo.. Wah setelah 1 tahun saya vakum menulis blog.Akhirnya, hari ini (Kamis) tanggal 6 September 2012, pukul 20.42 , saya mulai menulis lagi.
    Sedikit bercerita, saya sekarang sudah duduk di bangku kuliahan *ihiy ~*Saya mengambil jurusan Psikologi di Universitas Tarumangara (UNTAR). Sebenarnya, penulisan blog ini atas usul Dekan kampus saya (bukan tugas, hanya usul/saran), dan saya pikir tidak ada salahnya bila saya mulai menulis blog lagi..
    Di awal penulisan  blog saya tahun ini (semoga berlanjut terus), saya akan membahas tentang plagiat. Dari entri saya "Penulisan Karya Ilmiah dan Dasar Penelitian...", mungkin teman-teman sudah bisa sedikit menebak dasar saya menulis tentang plagiat. Nama entri itu adalah nama salah satu blok pelajaran saya di kampus.
    Setiap hari selasa , saya akan masuk di kelas tersebut. Di dalam kelas ini, kami diajarkan cara-cara menulis karya ilmiah yang baik. (memperhatikan tanda baca, pengejaan, pengutipan, dan sebagainya).
     Nah, salah satu topik yang cukup dibahas secara dalam saat pertama kali saya masuk kelas ini adalah tentang plagiat. Kami sangat diharapkan dan diwajibkan untuk tidak melakukan yang namanya plagiat, atau pun menjadi korban plagiat *haha*.. Teman-teman sudah tahu tentang plagiat? Mari kita bahas :D
    Pengertian sederhananya plagiat itu adalah tindakan dimana kita mengambil hasil karya orang lain tanpa izin orang. Jika hanya membaca pengertian sederhana itu, pasti teman-teman berkata "gw gag pernah plagiat tuh" .. Tapi tunggu dulu, mari kita telusuri lebih dalam.. LOL.. Pernahkah teman-teman mengambil data dari wikipedia, google dan situs-situs blog lainnya (copas) untuk membuat tugas kalian? Pernahkah teman-teman memasukan kutipan kata-kata bijak seseorang tanpa mencantumkan nama orang tersebut? Atau pernahkah kalian menggunakan kembali hasil karya kalian yang sudah pernah dipakai untuk sebuah tugas untuk tugas lain?
    Plagiat itu pada dasarnya terbagi atas dua macam yaitu plagiat yang disengaja dan plagiat yang tidak disengaja. Bila teman-teman semua pernah melakukan pertanyaan-pertanyaan saya sebelumnya, berarti teman-teman sudah melakukan plagiat. Loh? Kenapa bisa? Pasti itu yang terpikir bukan? *sok tau ya saya haha*.. Tapi jujur saya juga berpikir begitu sebelumnya saat pertama kali mendapatkan info ini. Nah hal itu terjadi karena kurangnya pengetahuan kita (inilah yang disebut plagiat yang tidak disengaja). Oleh karena itu, di sini saya berbagi info kepada teman-teman supaya tidak sampai melakukan plagiat.
Apa saja yang termasuk plagiat? Berikut saya berikan beberapa contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari :
Menyalin pekerjaan teman walau hanya 1 kalimat (misalnya PR untuk yang masih sekolah, dan tugas apalagi skripsi bagi yang sudah kuliah)
Mencopas dari sumber-sumber internet tanpa diolah kembali
Tidak mencantumkan sumber-sumber internet tersebut
Menggunakan tugas lama *walaupun hasil karya sendiri* untuk tugas yang baru ( misalnya saat SMP kalian pernah diminta membuat karangan tentang liburan, nah di SMA kalian diminta untuk membuat karangan tentang liburan juga. Kemudian kalian menggunakan karangan saat kalian SMP, itu sudah plagiat bro.. haha)
Dan lain-lainnya (silakan dicari info sendiri =p)
    Nah itu tadi sedikit saja pembahasan dari saya tentang plagiat dalam karya tulis lebih tepatnya. Jadi saya harap teman-teman yang membaca blog saya ini, untuk sama-sama berjuang untuk tidak melakukan plagiat, dan termasuk untuk tidak menjadi korban plagiat. (saya di sini juga masih berjuang karena masih panjang perjalanan dalam perkuliahan ini *gaya* ) Cara agar tidak menjadi korban plagiat adalah selalu menjaga privasi kalian dengan baik, meskipun dengan teman terbaik anda atau mungkin bahkan keluarga, jangan sekalipun membiarkan mereka mencontoh tugas kalian karena itu sudah salah satu contoh tindakan plagiat sejak dini *eh* wkwkwkw.. Dan terakhir cara agar tidak melakukan plagiat adalah tumbuhkan dan jaga integritas dalam diri. *apa itu integritas ? silakan cari info sendiri ya =p

Oke, salam saya Yohan.
*NO PLAGIAT YEAHH* LOL..
GBU ^^ (sekedar info, jika ada yang memperhatikan, blog ini di post skitar pukul 21.52 (jaraknya sudah 1 jam, mohon maklum saya membuat blog ini sambil mengerjakan hal-hal lain hehe...)

6 September 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar