Senin, 15 September 2014

Sexual Orientation (part1) (Lily Lee)


Hello, readers!! Dalam tulisan kali ini, saya ingin membahas mengenai orientasi seksual atau sexual orientation. Ada yang sudah pernah mendengar istilah ini sebelumnya?? Beberapa orang pasti tidak asing dengan istilah ini ya. Hehehee... Bagi yang belum, mungkin bisa memahami sedikit dari tulisan saya, semoga bermanfaat. :D

Okay, Let's get started...

Orientasi seksual menurut Carroll (2010) mengacu pada ketertarikan seseorang secara emosional, fisik, seksual, dan romantis pada jenis kelamin tertentu. Pada umumnya, orang-orang mungkin mengira orientasi seksual itu berarti ketertarikan antara seorang pria dan seorang wanita atau dengan kata lain heterosexual, kadang sering juga disebut denganstraightTetapi, orientasi seksual juga tidak melulu tertarik dengan lawan jenis lhoo... Bisa saja dengan sesama jenis atau yang biasa di sebut homosexualBahkan, bisa juga orang tertentu malahan tertarik dengan lawan dan sesama jenis atau biasa di kenal denganbisexual

Homosexual sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni gay (pada pria) dan lesbian(pada wanita).Readers, mungkin pernah ada yang mendengar istilah LGBT atau Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender. Ya, istilah LGBT ini sedang marak digunakan dalam tujuan legalisasi kaum homo dan transeksual. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa transgender bukan merupakan bagian dari orientasi seksual, melainkan perasaan seseorang secara psikologis yang merasa gendernya berbeda dengan jenis kelamin mereka. Bisa dibilang, merasa dirinya tidak berada di tempat yang sesuai, misalnya secara fisik memiliki jenis kelamin pria tetapi merasa dan mengidentifikasi dirinya adalah seorang wanita.

Lalu, apakah readers dapat mengidentifikasi orientasi seksual seseorang? Misalnya,homosexual, bagaimana readersdapat mengkategorikan seseorang sebagai homosexual? Apakah dari cara berpakaian? Gaya berjalan? Penampilan? perilaku? Atau hal lainnya?

Coba, lihat kasus ini:
Allie, 25 tahun: Pengalaman seksual pertama kali saya lakukan saat saya berusia 16 tahun dengan seorang pria. Saya sangat menyukai seks dan sangat menikmati saat bersama dengan pria. Namun, saya sangat jatuh cinta dengan seorang wanita saat saya kuliah. Kehidupan seks kami sangat menakjubkan. Setelah kuliah kami berpisah dan sekarang saya hanya tidur dengan pria lagi.

Menurut readers, ke arah manakah orientasi seksual Allie? Homoseksual kah? Atau heteroseksual?? Hmmm....

Sebenarnya, orang pada umumnya tidak bisa menentukan orientasi seksual orang lain. Dan, akan lebih baik apabila kita membiarkan orang tersebut yang menentukan orientasi seksualnya, apabila mereka merasa dirinya heterosexual maka apapun yang mereka lakukan, mereka tetap heteroseksual. Akan tetapi, apabila orang tersebut merasa kebingungan dengan perilaku dan keyakinannya, maka sebaiknya para ahli sosial yang turun tangan membantu dalam mendefinisikan perilaku mereka. 

8 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar