Selasa, 23 September 2014

hallo... may i talk to u? (Irene Kezia Susilo)



Hallo...how are u?
i'm fine, how about u?
............................................
Melakukan percakapan dengan orang tentunya bukanlah suatu hal yang asing dengan kehidupan kita sehari-hari.
Ketika kita bercakap-cakap dengan orang lain apa yang kita harapkan? Tentu mendapatkan informasi. Baik yang kita butuhkan ataupun tidak.
Setiap hari kita pasti berkomunikasi, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Semua hal itu pasti kita lakukan sebagai mahkluk sosial dalam lingkungan sosial. Dalam menyelesaikan suatu masalah juga yang kita perlukan adalah komunikasi.
Sedikit berbeda dengan hanya sekedar bercakap-cakap, wawancara juga merupakan cara kita memperoleh informasi dengan cara yang sistematis.
Berbeda lagi ketika kita mulai masuk pada ranah konseling. Konseling memiliki Proses yang lebih intensif dan personal dibandingkan dengan wawancara. Selain itu, konseling juga lebih fokus untuk menolong oranguntuk menyelesaikan masalah-masalah sehari-hari yang seringkali cukup kompleks bagi orang-orang tertentu yang biasanya dilakukan oleh tenaga ahli/profesional
Berbeda pula dengan ketiganya, psikoterapi memiliki rentang waktu yang Lebih intensif dari wawancara dan konseling. Berfokus pada masalah-masalah kepribadian atau masalah perilaku. Tentunya butuh baseline yang baik, yang didapat melalui proses wawancara.
oleh sebab itu, latihlah diri kita sedari sekarang untuk mulai melakukan percakapan yang lebih sistematis lagi, guna mendapatkan informasi lebih banyak lagi. 

“Much unhappiness has come into the world because of things left unsaid.” 
-Fyodor Dostoyevsky-

3 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar