Selasa, 23 September 2014

Is Being Gay Wrong? (Nadia Agusti Putri)

image
     Pertanyaan sederhana di atas tentu akan mendapatkan berbagai jawaban yang sangat berbeda-beda. Homoseksual kini menjadi hal yang pro dan kontra untuk dibicarakan. Pada satu sisi terdapat berbagai pendapat bahwa menjadi gay adalah suatu hak pribadi setiap individu, namun di sisi lain banyak juga yang mengatakan bahwa menjadi gay adalah suatu hal yang tidak benar dan hal yang berdosa. Homoseksual tidak hanya mendapatkan stigma negatif namun juga mendapatkan berbagai perilaku buruk. Hasil penelitian Departement of Health’s Sexual Orientation and Gender Identity Advisory Group’s Work Programme(2008), 548 kaum gay yang menjadi subjek penelitian mereka, diidentifikasi  bahwa 24% mengalami serangan fisik, 68% mengalami serangan verbal, 28% dilecehkan, dan 54% didiskriminasikan dalam kehidupan sosial karena orientasi seksual mereka
    Menurut saya pribadi, setiap individu tidak ada yang berhak untuk mendapatkan diskriminasi ataupun kekerasan atas alasan apapun. Setiap individu tentu memiliki hak untuk mendapatkan hidup dengan layak dan aman dari ancaman. Menurut saya, being a gay is not a crime. Lalu apa yang membuat mereka berhak mendapatkan hukuman seperti dilecehkan, serangan fisik, dan diskriminasi ? Apabila dilihat dari segi agama pun saya rasa tidak ada ajaran agama yang memperbolehkan menyakiti sesamanya. Hal yang paling membahayakan adalah orang-orang yang melakukan hal tersebut atas nama agama. Saya mengerti setiap individu memang memiliki nilai-nilai pribadi, namun bagi saya kekerasan tidak akan membuat segalanya lebih baik. Berhentilah menghakimi orang lain dan biarlah individu bertanggung  jawab sendiri dengan apa yang ia lakukan dan berhenti menjadi “Tuhan” orang lain. 
    Apabila dilihat dari segi psikologis pun terdapat beberapa faktor yang dapat membuat individu menjadi homoseksual yaitu faktor nature dan nurture. Faktor nurture adalah faktor yang berasal dari linkungan seperti pola asuh orangtua, teman sebaya, dsb. Faktor natureadalah faktor bawaan seperti hormone, genetic, otak, dsb. Berdasarkan faktor nature ini, individu menjadi homoseksual bukan atas kehendaknya melainkan memang sudah terlahir memiliki dorongan tersebut. Maka dari itu kita tidak boleh menghakimi begitu saja, karena kita tidak tahu pasti mengenai penyebabnya. 
7 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar