Selasa, 25 Februari 2014

Tehnik wawancara (Syifa Saviriandini)

Wawancara merupakan salah satu cara yang dipakai dalam psikologi. Tidak hanya dalam bidang psikologi, wawancara juga dipakai dalam beberapa bidang pekerjaan. Pengalaman saya dalam mengerjakan tugas kuliah yang membutuhkan atau mengharuskan metode wawancara, menurut saya metode ini cukup efektif untuk mengambil atau mencari data. Karena dengan metode wawancara kita bisa menggali lebih dalam apa yg ingin kita gali dalam memecahkan suatu masalah. Selain itu dengan wawancara kita pasti bertemu langsung dengan orang yang ingin kuta wawancarai dan kita bisa melihat body language dari orang yang menjadi subyek kita. Dengan begitu kita bisa menganalisis apakah subyek kita berbohong atau tidak. Bagaimana kepribadiannya apakah terbuka atau tertutup.selain itu kita juga bisa melihat kontak matanya bagaimana, cara bicara dan perilakunya.


Tetapi disisi kelebihan yang ada dalam metode wawancara ini , ternyata metode ini juga memiliki kekurangan. Seperti, orang yang pernah atau berpengalaman diwawancarai akan mengetahui apa yang dinilai dari wawancara tesebut yang akhirnya membuat orang itu berperilaku baik saat diwawancarai padahal belum tentu dan akhirnya menghasilkan bias atau biasa juga informasinya kurang akurat karena mewawancarai 2 orang atau lebih. Dalam mewawancarai seseorang kita harus berhati hati dalam pemilihan kata dan sesuaikan juga dengan bahasa subyek agar subyek lebih mengerti maksud pertanyaan yg dimaksud.

Manfaat metode ini dalam bidang psikologi sangat banyak. Dalam bidang klinis kita bisa menganalisis gangguan atau masalah yg dialami klien, selain itu kita bisa melihat perilakunya seperti apa saat ia bercerita dan akhirnya dapat menjelaskan gangguan atau kondisi dari pasien. Dalam bidang pio kita bisa melihat perilaku juga dan dapat memprediksi kedepannya dari hasil wawancara itu apakah orang tertentu cocok dengan pekerjaan seperti ini atau apakah bisa bertahan dengan pekerjaan seperti ini.

25 Feb 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar